Tradisi Riset NBER

×

Tradisi Riset NBER

Bagikan berita
Tradisi Riset NBER
Tradisi Riset NBER

Menariknya adalah tradisi riset tingkat tinggi yang dihasilkan adalah kemajuan dalam tradisi berfikir. Dengan sendirinya diskusi pada bidang apa saja akhirnya terakumulasi dengan tahapan bagaimana kebijakan terbaik yang perlu diambil.

Penelitian dengan metoda yang baik akhirnya bisa dijadikan sebagai scientific based policy. Dimana sebuah kajian menemukan bahwa kebijakan yang didasari dari hasil sains akan lebih baik dibandingkan dengan yang diambil secara commond sense.

Budaya riset yang nampak adalah kekuatan institusi badan riset menyelenggarakan aktifitas riset. Lembaga riset Amerika Serikat, nasional academic of sains (NAS) sebagai induk dari NBER merupakan institusi yang jauh dari politik. Institusi yang stabil dan efisien.

Sementara para peneliti hidup di kampus di bawah institusi riset (institute) dimana anggotanya adalah peneliti dan mahasiswa.

Tradisi bekerja secara institusi telah menghasilkan eksternalities untuk menemukan berbagai kebijakan apa saja di bidang ekonomi.

Media dan pemerintah daerah memerlukan ekspert yang tersedia di institute PT tinggal berkolaborasi yang lahirkan hasil seperti inovasi dan terobosan kebijakan. Tradisi riset yang demikian melahirkan singkronisasi pekerjaan.

Tidak ada yang salah menyalahkan. Untuk ekonomi derijennya ada pada NBER. Mereka produktive menghasilkan riset berkualitas tinggi.

Tidak seperti kita, asosiasi tidak khusuk seperti mengurus model AEA. Pemerintah apa lagi, berisikan mereka yang tidak berdedikasi tinggi, apalagi partai politik.

Pembenahan tradisi riset mesti ditujukan pada penguatan institusi riset dimana para penelitinya mesti bekerja all out.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 15666
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini