Kenali Kepribadianmu Introvert dan Ekstrovert Dengan MBTI: Berikut Sejarahnya!

×

Kenali Kepribadianmu Introvert dan Ekstrovert Dengan MBTI: Berikut Sejarahnya!

Bagikan berita
Ilustrasi tes kepribadian (foto : Business Insider UK)
Ilustrasi tes kepribadian (foto : Business Insider UK)

MBTI sendiri dikembangkan berdasarkan tipologi kepribadian yang diciptakan oleh psikoanalis Carl Jung yang sangat menarik perhatian Briggs dan Myers.

Berharap teori pengelompokkan kepribadian ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata, Briggs dan Myers mulai mengadakan riset.

Dan pengembangan indikator terhadap tipe-tipe kepribadian agar dapat digunakan, untuk memahami perbedaan tiap-tiap karakter individu saat Perang Dunia II.

Kemudian, dikeluarkanlah tes kepribadian MBTI pertama yang disebarluaskan secara langsung oleh kedua penciptanya kepada keluarga dan sahabat dekat untuk diisi menggunakan pulpen dan pensil.

Hingga saat ini, Tes MBTI terus menerus dikembangkan dan saat ini dapat diakses secara online dengan tahapan berikut ini.

  • Buka browser dan akses alamat www.16personalities.com.
  • Pilih bahasa yang diinginkan, website 16 personalities terdiri dari 37 bahasa.
  • Klik 'Ikuti Tes' untuk mengerjakan tes dalam waktu kurang dari 12 menit.
  • Setelah selesai, klik 'submit' untuk melihat hasil.

Baca juga : 8 Jenis MBTI Kepribadian Ekstrovert Versi Myers-Briggs, Kamu Yang Mana?

Riset menunjukkan bahwa kecenderungan seseorang bisa berubah dan tentunya, keenambelas kepribadian ini terlalu sedikit untuk bisa menjelaskan kepribadian seseorang yang amat kompleks.

Tes psikologi, seperti Tes MBTI, membantumu untuk mengenali dirimu sendiri secara lebih baik berdasarkan citramu saat ini.

Tentu tes ini tidak 100% memberikan jawaban yang benar, sehingga kamu harus merefleksikan kembali hasil tesmu dengan keadaanmu sebenarnya.

Jika kamu ingin mengubah kekuranganmu, itu sangat mungkin untuk dilakukan. Kamu terus berkembang, maka tentu kamu harus mendeteksi perubahan kan.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 10919
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini