BMKG Peringati Wilayah Terdampak Banjir di Pulau Jawa, Hingga Pembentukan Operasi TMC Oleh BPPT

×

BMKG Peringati Wilayah Terdampak Banjir di Pulau Jawa, Hingga Pembentukan Operasi TMC Oleh BPPT

Bagikan berita
foto : CNN Indonesia/Fajrian
foto : CNN Indonesia/Fajrian

Seperti yang sudah diprediksi per Agustus 2020 bahwa puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Januari - Februari 2021.

Sejumlah daerah yang akan menghadapi puncak musim hujan itu adalah sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta,

sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

Baca juga : Banjir Berwarna Merah Terjadi Di Salah Satu Kota Di Pulau Jawa.

Karenanya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyatakan siap untuk melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Untuk mengurangi curah hujan yang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Pulau Jawa, telah dipersiapkan sejak akhir 2020.

Saat ini, BPPT tinggal menunggu arahan instansi terkait untuk melaksanakan operasi tersebut seperti yang diberitakan CNN Indonesia.

BPPT menjelaskan TMC dilakukan dengan meniru proses yang terjadi di dalam awan, sejumlah partikel higroskopik yang dibawa dengan pesawat.

Selanjutnya akan disemai ke dalam awan, agar proses pengumpulan butiran tetes air di dalam awan segera dimulai.

Secara lebih spesifik, motode TMC dengan melibatkan pesawat untuk menyemai awan dinamakan metode mekanisme proses lompatan (jumping process mechanism).

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 9109
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini