Fakta Unik tentang Provinsi Papua Selatan, Ada Markas Avenger dan Habitat Ikan Arwana

×

Fakta Unik tentang Provinsi Papua Selatan, Ada Markas Avenger dan Habitat Ikan Arwana

Bagikan berita
Monumen Kapsul Waktu di Kota Merauke di Papua Selatan. (Foto: Wikipedia)
Monumen Kapsul Waktu di Kota Merauke di Papua Selatan. (Foto: Wikipedia)

Rusa yang berada di Merauke merupakan rusa tropik Indonesia, Gervus timorensis, atau rusa yang biasa hidup di Pulau Jawa, Bali dan Timor.Rusa di Merauke memiliki ciri-ciri dengan kantung seperti kanguru atau dalam bahasa suku marind, suku asli Merauke biasa disebut saham.

Pada 1928, kolonial Belanda pertama kali mendatangkan rusa ke Merauke. Pada waktu itu, rusa dijadikan sebagai hewan peliharaan karena dianggap sebagai hewan eksotik.Rusa saat itu hanya dapat dijumpai di halaman rumah guru dan pegawai Belanda.

Dalam perkembangannya, populasi rusa yang mumpuni di Merauke membuat banyak kuliner berbahan dasar daging rusa mudah dijumpai, mulai dari satai rusa, abon rusa, bakso rusa, hingga dendeng rusa. Oleh karena itu, Merauke juga disebut Kota Rusa.

Kerajinan Berbahan Dasar Kulit Buaya

Bila berkunjung ke Merauke wajib membeli barang-barang kerajinan khas Merauke yang terbuat dari kulit buaya.Kulit buaya menjadi salah satu industri rumah unggulan bagi masyarakat Merauke, hal ini disebabkan karena populasi buaya yang begitu besar di Merauke.

Hal ini legal secara hukum, karena ada kebijakan khusus bagi masyarakat Merauke tentang perburuan buaya yang tetap dan dalam pengawasan pemerintah daerah setempat.Biasanya, kerajinan kulit ini dapat berupa sepatu, ikat pinggang, dompet, tas, hingga tas golf yang cukup unik dan lumayan mahal.

Monumen Kapsul Waktu

Di Merauke terdapat Monumen Kapsul Waktu. Monumen ini memiliki desain yang mirip dengan markas superhero 'The Avengers'.

Meski mirip, monumen yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 16 November 2018.Monumen ini menyimpan impian atau cita-cita bangsa Indonesia yang akan dibuka dan dibacakan tepat pada 17 Agustus 2085. Atau 70 tahun kemudian sejak pencanangannya pada 17 Agustus 2015 silam.

Sekian artikel fakta unik tentang provinsi Papua Selatan yang mungkin belum Anda ketahui. Artikel ini dikutip dari berbagai sumbar, semoga bisa bermanfaat. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 141018
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini