Sulit Bangun Tahajud? Ini 7 Tips Membangun Kebiasaan Shalat Tahajud

×

Sulit Bangun Tahajud? Ini 7 Tips Membangun Kebiasaan Shalat Tahajud

Bagikan berita
( Foto Ilustrasi Shalat Tahajud/Bilal Furkan KOŞAR/pexels)Sulit Bangun Tahajud? Ini Tips Membangun Kebiasaan Shalat Tahajud
( Foto Ilustrasi Shalat Tahajud/Bilal Furkan KOŞAR/pexels)Sulit Bangun Tahajud? Ini Tips Membangun Kebiasaan Shalat Tahajud

Ketika ingin tidur niatlah dengan sungguh-sungguh untuk bangun pada sepertiga malam untuk Shalat Tahajud. Niat yang dibangun dengan kesadaran yang mendalam dapat memberi sugesti untuk bangun pada sepertiga malam.

5. Membaca Ayat Alquran sebelum tidur

Saat sudah memantapkan niat dengan sungguh-sungguh, selanjutnya membaca ayat Alquran. Dengan Baca ayat Alquran Allah akan melindungi kita saat tidur.
Ada berapa ayat yang sangat dianjurkan ketika ingin tidur yaitu al-waqiah, an-nasr, Al Ikhlas, Al Falaq, an-nas dan Alfatihah.
Jika tidak mampu membaca semuanya paling tidak dari surat an-nasr sampai surat Al Fatihah.

6. Membaca Doa sebelum tidur

Dalam hadis, hudzaifah R.A dan Abu Dzar mengisahkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
"Jika akan tidur bacalah bismika allahumma Ahya wa amut dan apabila bangun tidur membaca, alhamdulillahilladzi ahyana ba'dama amatana wa ilaihi nusyur" (HR. Bukhari)

7. Tidur dengan posisi badan menghadap ke kanan


Tidur dengan pola badan menghadap ke kanan Setelah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Setiap rasulullah tidur, maka beliau mengarahkan badannya menghadap ke kanan. Hal ini dinyatakan dalam sabda Nabi Muhammad SAW:

"Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu" (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam perkembangannya ternyata tidur dalam posisi badan menghadap ke kanan mempunyai banyak manfaat, yaitu bagi kesehatan tubuh, relaksasi otak dan kelancaran sirkulasi darah Selain itu, manfaat tidur dengan posisi menghadap badan ke kanan bsa mengistirahatkan otak kiri mengistirahatkan lambung dan menjaga saluran pernapasan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum tidur agar tidur nyenyak, dan dapat bangun lebih cepat untuk Sholat Tahajud. Semoga dengan tips ini dapat membangun kebiasaan bertahajud dalam sepertiga malam.

(KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 140625
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini