Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melamar Seseorang dalam Agama Islam

×

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melamar Seseorang dalam Agama Islam

Bagikan berita
Ilustrasi (Foto: Bincang Muslimah)
Ilustrasi (Foto: Bincang Muslimah)

Di sini akan ada proses pembukaan lamaran sekaligus musyawarah dimana pihak dari keluarga laki-laki dan perempuan saling menanggapi maksud dan tujuan serta membahas rencana untuk pernikahan.

Dalam rangkaian acara musyawarah ini juga akan disampaikan penerimaan dari pihak keluarga perempuan, apakah lamaran diterima atau tidak.

8. Penyerahan Hantaran

Hantaran yang dibawa oleh pihak keluarga laki-laki diberikan kepada keluarga perempuan dengan disaksikan seluruh keluarga secara simbolis, hantaran ini biasanya terdiri dari buah-buahan atau perhiasan.

9. Penutupan Acara Lamaran

Jika acara dan pembahasan untuk menuju ke pernikahan dirasa cukup, maka selanjutnya adalah penutupan acara lamaran.

10. Dua keluarga Saling Bercengkrama

Kedua belah pihak keluarga akan saling bercengkrama untuk lebih mengenal satu sama lain agar menjadi lebih akrab, biasanya mereka melakukannya sambil menikmati hidangan yang telah disajikan oleh keluarga perempuan.

Doa Sebelum Melamar Pujaan Hati Menurut Islam

Berikut doa sebelum melamar puhaan hati menurut agama Islam.

Allahumma innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a'lamu wa anta 'allaamul ghuyuubi. Fa in ra'aita lii fii (.....) khairan fii diinii wa aakhiratii faqdirhaa lii

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Men-takdir-kan, dan bukanlah aku yang men-takdir-kan. Dan (Engkau) Maha Mengetahui apa yang tidak kuketahui. Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Maka jika Engkau melihat kebaikan antara diriku dan (sebutkan nama calon pasangan bin/binti ayahnya]) untuk agama dan akhiratku, maka takdirkanlah aku bersamanya."

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melamar seseorang. Semoga artikel ini bermanfaat ya teman-teman. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 131728
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini