Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru yang Bikin Timsel Terpukau, Trik Ampuh Lulus Tes CPNS 2022

×

Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru yang Bikin Timsel Terpukau, Trik Ampuh Lulus Tes CPNS 2022

Bagikan berita
Ilustrasi PPPK 2022. (Foto: BKN)
Ilustrasi PPPK 2022. (Foto: BKN)

Contoh deskripsi diri PPPK guru

Perkenalkan nama saya Sinung Santosa, S.Pd, adalah seorang guru honorer pelajaran Bahasa Jawa yang telah mengabdi di SMAN 1 Kalidawir sejak tahun 2012

Saya merupakan alumni dari Universitas Negeri Surabaya program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (Jawa).Saya dilahirkan di Tulungagung, pada 14 Juli 1990 silam. Saya memulai pendidikan di SDN Mirigambar II.

Setelah itu, saya melanjutkan pendidikan ke SMP 2 Sumbergempol. Dan setelah itu saya melanjutkan sekolah ke SMAN 1 Kalidawir.Setelah itu, saya melanjutkan pendidikan ke Universitas Negeri Surabaya dengan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah (Jawa).

Selama menempuh pendidikan S1 saya telah aktif dalam kegiatan tulis-menulis. Baik itu dalam bidang sastra maupun dalam bidang reportase.Setelah mengajar di SMAN 1 Kalidawir selama dua tahun. Saya diberi kepercayaan untuk menjadi wali kelas hingga sekarang.

Di luar jam pelajaran, saya membuat kelompok pecinta sastra yang memfokuskan diri dalam sastra daerah atau sastra jawa.Selain itu, juga melakukan apresiasi terhadap bermacam-macam jenis karya sastra Jawa. Baik yang berbentuk cerkak, novel, maupun geguritan.

Kelompok pecinta sastra yang saya beri nama Bunga Kecil ini juga aktif dalam melakukan produksi Sastra Jawa.Adapun hasil dari produksinya antara lain Kumpulan Geguritan SMAN 1 Kalidawir dengan judul Angin Segara yang terbit tahun 2018 dan Kumpulan Cerkak SMAN 1 Kalidawir dengan judul Padhang Mbulan yang terbit tahun 2019.

Di samping melakukan produksi dan apresiasi terhadap macam-macam karya sastra, kelompok Bunga Kecil juga melakukan bimbingan kepenulisan sastra.Salah satu prestasi paling membanggakan yang diraih oleh anggota Bunga Kecil adalah berhasil menjadi juara nasional menulis geguritan yang diadakan Sanggar Kepodang Emas di tahun 2021 lalu.

Selain jatuh cinta terhadap dunia pendidikan. Saya juga sangat mencintai dunia kepenulisan. Saya mulai jatuh cinta dengan dunia kepenulisan sejak duduk di bangku kuliah.Ketika kuliah, saya bersama teman-teman yang membuat sanggar kepenulisan yang bernama Sanggar Sastra Sawunggaling.

Di dalam sanggar kepenulisan ini saya dan kawan-kawan memfokuskan diri dalam kepenulisan sastra Jawa.Di awal berdirinya, yakni di tahun 2011 sanggar sastra Sawunggaling hanya beranggotakan enam orang hanya beranggotakan 5 orang.

Adapun anggota awalnya adalah saya, Deny Eko Setiawan, Tangguh Hestu Wibawa, Gayuh Risdian Saputro, Danang Wijoyanto.Syukur alhamdulillah, ketika memasuki tahun 2012, anggota sanggar sastra Sawunggaling telah memiliki anggota sebanyak 60 orang dan jumlah anggota sanggar ini terus bertambah hingga sekarang.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 128770
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini