12 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh, Ternyata dapat Sebagai Obat Herbal Pencegah Jerawat

×

12 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh, Ternyata dapat Sebagai Obat Herbal Pencegah Jerawat

Bagikan berita
Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh Sayang Untuk Dilewatkan (foto:Rumah.com)
Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh Sayang Untuk Dilewatkan (foto:Rumah.com)

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengunyah daun sirih setelah makan dianjurkan karena daun sirih mampu mengatasi perut kembung dan dapat membantu melindungi usus. Daun sirih juga dapat meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

8. Menurunkan intensitas nyeri haid

Rasa nyeri saat haid muncul akibat jaringan rahim melepaskan prostaglandin. Bahan kimia ini membuat otot rahim berkontraksi, sehingga menimbulkan nyeri di area perut bagian bawah. Kamu bisa merebus daun sirih bersamaan dengan kunyit guna meringankan rasa nyeri. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bersifat antiperadangan atau antiinflamasi.

9. Mengatasi gatal di area kewanitaan

Kondisi ini umumnya dipicu oleh Bacterial vaginosis. Guna mengatasi rasa gatal berlebihan, kamu bisa menggunakan air rebusan daun sirih dengan membasuh area kewanitaan.

Namun, penggunaan tidak disarankan dalam jangka panjang. Sebab, daun sirih dapat memicu perubahan pH pada area kewanitaan. Jika rasa gatal tidak kunjung membaik, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

10. Membantu mencegah jerawat

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri pada daun sirih dipercaya membantu mencegah timbulnya jerawat. Komposisi daun sirih yang dikombinasikan dengan kunyit untuk masker wajah dipercaya bisa menghilangkan komedo, mengurangi peradangan, dan menyeimbangkan pH kulit.

11. Membantu menjaga kesehatan mulut

Parasit yang hidup di mulut bertanggung jawab dengan infeksi dan karies gigi. Penelitian menunjukkan mengunyah daun sirih bisa menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri.Oleh karenanya daun sirih banyak digunakan dalam penyegar mulut dan digunakan untuk mengobati infeksi mulut atau gigi. Daun sirih melindungi gigi dari karies dengan menghambat asam yang dihasilkan bakteri saliva saat tubuh mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi gula.

12. Membantu menurunkan depresi

Beberapa riset menunjukkan bahwa daun sirih bisa membantu mengendalikan gejala depresi. Depresi sendiri berkaitan dengan rendahnya kadar serotonin di dalam otak. Salah satu penelitian dalam jurnal Current Research in Neuroscience (2012) bertujuan mengamati efek terapi antidepresan dari ekstrak etanol daun sirih.

***Tonton juga Video dari Youtube KLIKKORAN.COM:

(KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 127365
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini