Contoh Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW 8 Oktober 2022/12 Rabiul Awal 1444 Hijriyah

×

Contoh Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW 8 Oktober 2022/12 Rabiul Awal 1444 Hijriyah

Bagikan berita
Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW
Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW

Meskipun dibenci dan selalu menerima cacian Nabi Muhammad selalu setia menyuapi sosok pengemis buta tersebut, kemuliaan akhlaknya tak menjadikannya dendam walau dicaci.Pada akhirnya pengemis itu masuk Islam ketika Nabi Muhammad sudah wafat dan dirinya baru mengetahui bahwa orang yang dihinanya adalah ternyata sosok yang selalu menyuapinya.

Ada juga kisah Nabi ketika berdakwah ke penduduk Thaif selama lima belas malam, namun apa yang didapat? Penduduk Thaif justru menolak keras, bahkan melempari Nabi Muhammad SAW dan Zaid bin Haritsah dengan batu sehingga kaki Nabi Muhammad SAW terluka.

Baca juga: Susunan Acara Peringatan Maulid Muhammad SAW 8 Oktober 2022 di Sekolah 12 Rabiul Awal 1444 H

Apakah Nabi Muhammad SAW dendam? Tidak! Justru ketika ditawari Malaikat Jibril untuk menurunkan adzab ke penduduk Thaif karena Allah telah mengizinkannya, Nabi justru menolaknya.Begitu mulianya akhlak dan sifat Nabi Muhammad SAW, bahkan beliau diberi gelar Al-Amin yakni sosok yang terpercaya, beliau juga orang yang jujur.

Kita bisa meneladani sikap kejujurannya, jangan suka berbohong, selalu berkata jujur meskipun berat, dan jadilah orang yang memiliki akhlakul karimah atau akhlak terpuji.Sungguh dalam diri Nabi Muhammad SAW terdapat suri tauladan yang baik, Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 21.

Baca juga: Susunan Acara Peringatan Maulid Muhammad SAW 8 Oktober 2022 di Masjid 12 Rabiul Awal 1444 H
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ

الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗArtinya: ''Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.'' (QS. Al-Ahzab: 21).

Dalam momentum Maulid Nabi Muhammad SAW mari kita memperbaiki akhlak dan meneladani sikap, sifat, dan akhlak Nabi Muhammad SAW yang telah membawa agama Islam yang rahmatan lil alamin.Cukup sekian ceramah singkat dari saya dalam rangka peringatan Maulid Nabi ini, semoga kita lebih mengenal Rasulullah SAW. Mohon maaf atas segala kekurangannya.

Baca juga: Kumpulan Puisi Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW 8 Oktober 2022, Bisa Buat Lomba
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah salah satu contoh ceramah yang bisa dibawakan saat Maulid Nabi Muhammad SAW yang akan diperingati pada 8 Oktober 2022/12 Rabiul Awal 1444 Hijriyah. Semoga artikel ini bermanfaat. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 121786
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini