13 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

×

13 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Bagikan berita
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

KLIKKORAN.COM - Berikut dalam artikel ini kami akan mengulas 13 manfaat dari buah mengkudu yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita.

Buah mengkudu memiliki nama lain seperti pace atau starvation fruit. Buah mengkudu ini memiliki aroma yang menyengat dan rasa yang pahit membuat orang enggan untuk mengkonsumsinya. Namun dibalik itu, buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Meskipun buah ini mengeluarkan bau yang kurang sedap, namun siapa sangka banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Berikut manfaat buah mengkudu bagi kesehatan kita.

Baca juga: Apa Itu Day Dream? Berikut Manfaat serta Efek Negatif yang Dihasilkannya

13 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah mengkudu dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Karena pada buah mengkudu terdapat efek antioksidan didalam buah yang berwarna kehijauan tersebut.

Meminum jus mengkudu juga dapat menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit jantung. Diselingi juga dengan pola gaya hidup sehat.

2. Membantu Mengurangi Lemak pada Tubuh

Buah mengkudu ini juga memiliki khasiat yang dipercaya dalam mengurangi lemak pada tubuh. Tidak heran jika banyak orang yang mengkonsumsinya dengan dijadikan jus agar membantu orang-orang dalam menjalankan dietnya serta sembari diiringi dengan olahraga dan pola hidup yang sehat.

Baca juga: Apa Itu Retinol? Kenali Bahaya dan Manfaat serta Efek Sampingnya Bagi Ibu Hamil

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah mengkudu ini mengandung zat aktif yang disebut antrakuinon, zat ini dapat memicu pembentukan kolagen yang diperlukan untuk mencerahkan kulit dan menjaga ke-elastisitasan kulit.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada buah mengkudu terdapat vitamin B dan C yang tinggi. Kekuatan vitamin tersebut dapat menjadi tameng pada tubuh agar tubuh tetap terjaga kekebalannya.

5. Memperbaiki Sel Kulit

Buah mengkudu ini memiliki asam lemak esensial, zat peroxironine, dan vitamin C yang tinggi yang bermanfaat untuk membantu merawat kulit.

Karena, salah satu khasiat buah mengkudu ini juga dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Baca juga: Manfaat Mengkonsumsi Kayu Bajakah serta Kandungannya: Meningkatkan Keperkasaan

6. Menangkal Radikal Bebas

Jika tubuh kita telah banyak terpapar radikal bebas atau zat karsinogenik. Zat-zat tersebut sangatlah berbahaya dan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh kita.

Solusi yang dapat kita lakukan dalam mengatasinya dengan mengolah mengkudu menjadi jus karena mengandung antioksidan. Agar manfaatnya menjadi optimal, minumlah sumber antioksidan ini secara rutin dan sesuai anjuran.

7. Mempercepat Penyembuhan

Buah mengkudu punya kandungan vitamin C. Vitamin ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Itu sebabnya, jus mengkudu sangat cocok diminum pada saat sedang dalam kondisi sakit.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 115500
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini