Terkuak Ini Makna Permainan yang Dilombakan Saat 17 Agustus, Rakyat Indonesia Menjadi Bahan Atraksi?

×

Terkuak Ini Makna Permainan yang Dilombakan Saat 17 Agustus, Rakyat Indonesia Menjadi Bahan Atraksi?

Bagikan berita
Makna Lomba 17 Agustus (Foto: Shutterstock)
Makna Lomba 17 Agustus (Foto: Shutterstock)

3. Panjat Pinang[caption id="" align="aligncenter" width="700"]Lomba panjat pinang Lomba Panjat Pinang (Bobo.grid.id)[/caption]

Panjat pinang adalah permainan yang dinanti-nantikan oleh banyak orang karna mempunyai ciri khas tersendiri.Upaya memanjat batang pinang yang licin adalah moment terlucunya, serta ketegangan penonton saat pemain hampir mencapai puncak.

Namun dibalik keseruan itu ternyata lomba panjat pinang dulu pertama kali diadakan oleh penjabat Belanda ketika mereka mengadakan acara perayaan pernikahan.Orang Belanda tersebut akan meletakan hadiah-hadiah diatas pohon pinang dan memperlombakan rakyat Indonesia, hal tersebut dilakukan sebagai atraksi yang mengundang tawa dari para tamu undangan.

Walaupun perlombaan ini menjadi bahan tawa di masa Belanda, namun saat ini panjat pinang bukan lagi dipandang sebagai perlombaan yang menghina rakyat Indonesia, melainkan sebagai bentuk kerjasama tim yang kompak.4. Tarik Tambang

[caption id="" align="aligncenter" width="813"]Lomba 17 Agustus Lomba tarik tambang (Rumah Digital Indonesia)[/caption]Tarik tambang merupakan perlombaan antara dua tim yang saling baradu siapa yang paling kuat menarik tali tambang dan mampu menjatuhkan lawannya.

Namun dibalik itu perlombaan tarik tambang mengandung makna bahwa betapa susahnya para pejuang di masa penjajahan dulu yang diperintah kerja paksa untuk menarik bebatuan dan alat-alat berat lainnya.Walaupun demikian, perlombaan tarik tambang bukanlah suatu hinaan yang diberikan bangsa Indonesia melainkan suatu bentuk usaha jerih payah dalam menarik tali tambang tersebut.

5. Lomba Memasukan Paku ke Botol[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]Lomba Memasukkan Paku ke Botol by Griyolabs on Dribbble Lomba Memasukkan Paku ke Botol (Griyolabs on Dribbble)[/caption]

Perlombaan memasukan paku ke botol merupakan permainan yang cukup sulit dan menegangkan, dimana pada permainan ini usaha kita dalam memasukkan sebuah paku yang diikat layaknya sebuah ekor ke dalam botol.Namun dibalik itu makna dari permainan ini memiliki kesabaran yang besar dan ketepatan dalam berjuang melawan penjajah dengan bambu runcing senjata yang berhasil memerdekakan Indonesia. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 100027
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini