Apa Arti Kata Healing? Ini Pengertian dan Manfaatnya

×

Apa Arti Kata Healing? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Bagikan berita
Apa Arti Kata Healing dan Self Healing, Simak Pengertian dan Manfaatnya/ pexels
Manfaat Self Healing (ilustrasi: pexels)
Apa Arti Kata Healing dan Self Healing, Simak Pengertian dan Manfaatnya/ pexels Manfaat Self Healing (ilustrasi: pexels)

KLIKKORAN.COM -  Beberapa waktu belakangan ini, penggunaan kata 'Healing' dan 'Self Healing' seringkali kita jumpai di media sosial seperti TikTok, FB, Twitter hingga Instagram.Seiring dengan pesatnya perkembangan media sosial saat ini, tak heran jika warganet menemukan bahasa atau kata yang asing saat berselancar di medsos.

Nah kali ini ada kata 'Healing' dan 'Self Healing' yang kerap kali digunakan oleh warganet. Jika dicari dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti kata ini tidak akan kamu temukan, karena kata ini berasal dari bahasa Inggris.Biasanya seseorang akan berkata: "Saya, butuh healing nih guys. " atau "Lagi Self Healing", di media sosial. Nah, apa maksudnya?

Sebagian dari pengguna media sosial tentunya sudah mengetahui arti sebenarnya dari kata ini. Namun, bagi kamu yang belum tahu, mari simak arti kata 'Healing ' dan 'Self Healing' berikut ini.

Apa itu Healing?

Apa Itu Healing dan Self HealingSecara harfiah, arti kata Healing adalah 'Penyembuhan' yang berasal dari kata berasal dari kata Heal (sembuh) dalam Bahasa Indonesia. Artinya, Healing merupakan sebuah proses seseorang yang tengah mengalami masalah dan lelah secara emosional, trauma atau stres untuk mengembalikan pikiran dan kondisi tubuh ke dalam keadaan normal. Menurut KBBI, kata 'healing' berkaitan dengan kata 'Self Healingyang berarti penyembuhan terhadap diri sendiri.

Nah, apa penjelasan tentang arti dari Self Healing sebenarnya? Bagaimana cara melakukannya? Apa manfaatnya?

Pengertian Self Healing

Self Healing merupakan proses/metode yang dilakukan seseorang untuk meringankan dan memulihkan beban mental dan kondisi fisik seperti patah hati hingga konflik masalalu dengan menanamkan perspektif positif dan realistis terhadap diri sendiri. Dalam prosesnya, contoh aktifitas self healing dapat dilakukannya dengan cara:

  1. Berolahraga (seperti: yoga, jogging, jalan santai, tai chi, dll)
  2. Istirahat dengan intens
  3. Menjauhi sumber masalah/kekacauan
  4. Mendengarkan musik yang menenangkan dan memberi motivasi
  5. Bergaul dengan orang-orang kepribadian positif
  6. Melakukan hal yang menyenangkan (bermain game, menari, dll)
  7. Membaca buku motivasi
  8. Pergi ke suatu tempat yang bisa menenangkan pikiran atau liburan

Manfaat Self Healing

[caption id="attachment_89684" align="alignnone" width="751"]Manfaat Self Healing Manfaat Self Healing (ilustrasi: pexels)[/caption]Adapun tujuan atau manfaat yang dirasakan setelah seseorang melakukan self healing, yaitu:

  • Dapat lebih memahami diri sendiri.
  • Bisa menerima ketidaksempurnaan pada diri sendiri.
  • Membentuk pikiran positif .
  • Menumbuhkan rasa ikhlas dari apa yang telah terjadi.
  • Menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Bersemangat menjalani kehidupan.
  • Tegar dalam menghadapi kesulitan, kegagalan, dan trauma di masa lalu.
Nah, itulah ulasan tentang arti kata 'Healing' dan 'Self Healing' yang bisa saja kamu jumpai di media sosial seperti TikTok, FB, Twitter hingga Instagram beserta manfaatnya.

(KK) 

 

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 89651
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini