Heboh Ramalan Hard Gumay di Podcast Denny Sumargo, Bagaimana dalam Pandangan Islam?

×

Heboh Ramalan Hard Gumay di Podcast Denny Sumargo, Bagaimana dalam Pandangan Islam?

Bagikan berita
Ilustras bola peramal. (Foto: Suara.com)
Ilustras bola peramal. (Foto: Suara.com)

KLIKKORAN.COM - Viral ramalan Hard Gumay di podcast Denny Sumargo mengenai bencana yang melanda Indonesia tahun 2022.Salah satunya terkait bencana abrasi yang baru-baru ini terjadi di Sulawessi Utara. Nah bagaimana Islam memandang ramalan tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Diketahui, Hard Gumay hadir sebagai bintang tamu dalam Podcast Denny Sumargo yang dipublis akun Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo pada (23/12/2021).Hard Gumay dikenal sebagai salah satu peramal yang terkenal di Indonesia. Hard Gumay mengungkapkan  berberapa provinsi di Indonesia akan terkena bencana.

Baca juga: Bencana Abrasi di Amurang, Ramalan Hard Gumay di Podcast Deny Sumargo Terbukti 
Salah satunya adalah Sulawesi Utara. Ia juga mengatakan bencana ini sebahagian besar dikarenakan air laut.

Pada Rabu (15/6/2022) lalu, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, dilanda bencana abrasi.Akibat bencana abrasi tersebut, sejumlah rumah penduduk yang berada di kawasan Pantai Amurang, menjadi rusak.

Sontak Denny Sumargo membagikan ramalan yang pernah dipublis di akun Tiktoknya @Dennysumargoreal dengan caption "Doa Terbaik untuk saudara-saudara ku yang disana #prayforAmurang."Lalu, seperti apa pandangan Islam terkait ramalan ini? Sebenarnya ramalan telah ada dalam pembahasan agama Islam.

Bahkan, sejak masa Nabi Muhammad SAW banyak peramal-peramal yang tedapat di Kota Mekah dan Madinah.Hal tersebutlah yang menyebabkan mereka terjebak kepada perbutan syirik yaitu perbuatan menyekutukan Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW salah satu tujuan dakwahnya adalah memurnikan pemahaman Tauhid penduduk Mekah dan Madinah masa itu.Zaman modren pun praktek ramalan-ramalan masih eksis. Seperti ramalan artis, ramalan zodiak dan lainnya.

Pembahasan Ramalan dalam Alquran

Terdapat dalam Surah Qs Al An'am : 59

وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَا إِلَّا هُوَ” Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri” (QS. Al An’am: 59).

Ayat ini menjelaskan bahwasanya hal yang ghaib adalah hak Allah yang tidak diketuhi seluruh makhluk hidup termasuk nabi Muhammad SAW.Hal ini juga sebagai peringatan untuk tidak mempercayai dukun-dukun maupun tukang ramal, dikarenakan perbuatan tersebut adalah perbuatan syrik atau menyekutukan Allah SWT.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 85368
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini