Keutamaan Jilbab Bagi Wanita Muslim, Berikut Penjelasannya

×

Keutamaan Jilbab Bagi Wanita Muslim, Berikut Penjelasannya

Bagikan berita
Keutamaan Jilbab bagi wanita muslim, (Foto: Pinterest)hijab wanita muslimahHijab sebagai lifestyle, (Foto: Bombastis)Khimar (Foto: Instagram Larissachou)Keutamaan Jilbab bagi wanita muslim, (Foto: Pinterest)Burqo' (Foto: Tagar.id)
Keutamaan Jilbab bagi wanita muslim, (Foto: Pinterest)hijab wanita muslimahHijab sebagai lifestyle, (Foto: Bombastis)Khimar (Foto: Instagram Larissachou)Keutamaan Jilbab bagi wanita muslim, (Foto: Pinterest)Burqo' (Foto: Tagar.id)

Maka jelaslah bagi seorang muslimah untuk menutup seluruh badan kecuali yang dikecualikan oleh syari’at. Sangat menyedihkan ketika seseorang memaksudkan dirinya memakai jilbab, tapi dapat kita lihat rambut yang keluar baik dari bagian depan ataupun belakang, lengan tangan yang terlihat sampai sehasta, atau leher dan telinganya terlihat jelas sehingga menampakkan perhiasan yang seharusnya ditutupi.

Jilbab untuk Lifestyle

[caption id="attachment_85688" align="alignnone" width="1270"]Hijab sebagai lifestyle, (Foto: Bombastis) Hijab sebagai lifestyle, (Foto: Bombastis)[/caption]

Pada zaman milenial saat ini ada juga sebagian kaum hawa mengikuti gaya masa kini tanpa menyeleksi, apakah sesuai dengan syariat atau tidak.

Tujuan menggunakan hijab adalah untuk menutupi aurat, untuk mengalihkan dan melindunginya dari pandangan lelaki namun pada saat ini banyak wanita yang terlalu fokus dengan fashion hingga lupa dengan tujuan hijab sebenarnya.

Pengertian Hijab dan Jenis-Jenisnya

  • Hijab
[caption id="attachment_85691" align="alignnone" width="1080"]Hijab, (Foto: Pinterest) Hijab, (Foto: Pinterest)[/caption] Hijab ialah tirai atau tabir. Tabir yang dimaksud dapat berupa kain atau dinding atau sesuatu yang lain yang dapat menghalangi interaksi langsung. hijab juga didefinisikan sebagai pakaian yang menutup seluruh tubuh sejak dari kepala sampai mata kaki, atau pakaian yang lapang dan dapat menutup aurat wanita.
  • Khimar
[caption id="attachment_85690" align="alignnone" width="750"]Khimar (Foto: Instagram Larissachou) Khimar (Foto: Instagram Larissachou)[/caption]

Khimar adalah tudung kepala yang menjulur hingga menutupi dada wanita.

Sebagaimana firman allah dalam QS. An-Nur ayat 31 yang artinya:

“Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.”

  • Niqob
Niqab atau yang lebih dikenal dengan cadar. Cadar adalah kain yang menutupi bagian hidung hingga mulut dan hanya memperlihatkan bagian mata dan dahi saja. Namun, tak sedikit dari pemakaiannya yang menutupi dahi dan hanya memperlihatkan bagian mata saja.
  • Burqo’
[caption id="attachment_85693" align="alignnone" width="628"]Burqo' (Foto: Tagar.id) Burqo' (Foto: Tagar.id)[/caption] Burqa secara umum lebih dikenal sebagai pakaian muslimah yang paling menutupi bagian tubuh, yakni dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tentu saja, hal ini berbeda dari mereka yang mengenakan niqab atau cadar yang hanya memperlihatkan bagian mata atau mata dan dahi saja. Nah, demikian sedikit ulasan terkait jilbab bagi wanita muslim, dan serta penjelasan terkait perbedaan antara Hijab, Khimar, Niqab dan Burqo'. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 85177
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini