Bahaya Blue Light bagi Kesehatan, Ini Cara dan Tips Pencegahannya

×

Bahaya Blue Light bagi Kesehatan, Ini Cara dan Tips Pencegahannya

Bagikan berita
Pancaran sinar biru dari perangkat gadget (Foto: Bangkapost.com)Ilustrasi Blue Light, (Foto: journal.sociolla.com)Ilustasi Blue Light, (Foto: Alomedika)
Pancaran sinar biru dari perangkat gadget (Foto: Bangkapost.com)Ilustrasi Blue Light, (Foto: journal.sociolla.com)Ilustasi Blue Light, (Foto: Alomedika)

KLIKKORAN.COM - Cahaya biru (blue light), seperti namanya, jenis cahaya ini kerap dianggap berwarna biru meskipun cahaya biru ini muncul dengan berwarna putih ataupun warna lain.Radiasi yang dipancarkan dari sinar ini tidak baik untuk mata dan kulit jika diterima dalam jumlah yang berlebihan.

Blue light sering dipancarkan dari layar perangkat digital seperti televisi, laptop, PC, smartphone, tablet, dan perangkat gadget lainnya.Sinar biru tersebut diciptakan sebagai sinar buatan untuk menerangi layar gadget yang kita gunakan. Namun jika terlalu lama berhadapan dengan sinar biru maka dapat berbahaya pada kesehatan.

Bahaya Blue Light bagi Kesehatan

[caption id="attachment_83772" align="alignnone" width="750"]Ilustrasi Blue Light, (Foto: journal.sociolla.com) Ilustrasi Blue Light. (Foto: journal.sociolla.com)[/caption]

Secara ilmiah, sinar biru akan mengurangi produksi hormon perangsang tidur atau melatonin. Ketika hormon ini berkurang, maka rasa mengantuk pun juga berkurang. Meski mata dan badan sudah sangat lelah, kita tak akan pernah bisa mengantuk tanpa adanya hormon melatonin.Melansir dari Halodoc, radiasi blue light ini menjadi perhatian karena mereka memiliki lebih banyak energi per Foton (Jumlah energi berbanding lurus dengan elektromagnetik)  cahaya yang dapat menimbulkan radikal bebas dari pada warna lain dalam spektrum tampak, semisal cahaya hijau atau merah.

Mata manusia tidak bisa memblokir radiasi blue light dengan baik sehingga dapat menembus masuk ke dalam retina. Akibatnya, cahaya biru, pada dosis yang cukup tinggi dapat memicu kerusakan oksidatif pada sel-sel sensitif cahaya di retina sehingga bisa mengganggu kesehatan mata.Setelah mengetahui apa itu blue light dan dampaknya terhadap kesehatan, berikut ada tips yang dapat dilakukan sebagai pencegahan terhadap bahaya blue light.

Tips-Tips Pencegahan Bahaya Blue Light

[caption id="attachment_83774" align="alignnone" width="650"]Ilustasi Blue Light, (Foto: Alomedika) Ilustasi Blue Light, (Foto: Alomedika)[/caption]

  • Hindari jarak yang terlalu dekat dengan objek elektronik yang digunakan, bila semakin dekat maka semakin besar paparan yang dapat diterima.
  • Mengatur tingkat cahaya atau brightness pada objek elektronik.
  • Jangan sampai berlama-lama didepan objek elektronik, imbangi dengan memberikan jeda (alihkan pandangan dari layer secara berkala).
  • Hindari menatap layar dibawah cahaya redup, apalagi disaat gelap.
  • Jangan gunakan ukuran teks yang terlalu kecil.
  • Gunakan kaca mata khusus anti blue light.
  • Gunakan sunscreen atau rangkaian perawatan kulit yang memiliki perlindungan terhadap blue light.
  • Editor : Saridal Maijar
    Sumber : 83566
    Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini