Tata Cara Melaksanakan Sholat Gaib, Bacaan Doa, Niat, Rukun dan Manfaat yang Diperoleh

×

Tata Cara Melaksanakan Sholat Gaib, Bacaan Doa, Niat, Rukun dan Manfaat yang Diperoleh

Bagikan berita
Sholat Gaib yang dilakukan untuk Putra Gubernur Jawa Barat, Eril yang dinyatakan wafat di Sungai Arare, Swiss. (Foto: Viva.co.id)
Sholat Gaib yang dilakukan untuk Putra Gubernur Jawa Barat, Eril yang dinyatakan wafat di Sungai Arare, Swiss. (Foto: Viva.co.id)

Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhuArtinya: Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia.

Untuk jenazah perempuan, doa singkat tersebut menjadi:اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa6. Setelah takbir keempat boleh langsung salam atau boleh membaca doa pendek.

اللّهُمَّ لَا تَحْرِ مُنَا اَجْرَا هُ وَلَا تَفْتِنَا بَعْدَهُ وَغْفِرْلَنَا وَلَهُAllahumma laa tahrimnaa ajrahu walaa taftinnaa ba'dahu waghfirlanaa walahu

Artinya:Ya Allah jangan halangi kami pada pahalanya dan jangan Kau jadikan ujian atau cobaan bagi kami sepeninggalnya dan ampunilah kami dan dia.

Shalat jenazah ditutup dengan salam. Salam shalat jenazah mustahab (terpuji) hukum ya menyempurnakan salam sampai ujung.اَلسَّلَامُ عَلَيْكٌمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuhArtinya: Semoga keselamatan rahmat Allah dan berkahNya limpahkan kepada kalian.

Manfaat yang Diperoleh ketika Melaksanakan Sholat Gaib

Dikutip dari cerdika.com, manfaat yang dapat ditarik dari melaksanakan sholat gaib adalah seperti mendoakan saudara, sahabat, teman atau kerabat kita sendiri. Makanya, kamu akan mendapatkan pahala.

Karena, sholat gaib ini merupakan suatu amalan baik yang kamu kerjakan dan hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah dari Abu Hurairah RA.Barang siapa yang menyaksikan jenazah hingga disholatkan, maka ia akan mendapatkan pahala berupa 1 qirath.

Sedangkan barang siapa yang juga menyaksikan jenazah hingga dikuburkan, maka ia akan mendapat pahala 2 qirath.Lalu para sahabat Nabi pun bertanya berapakah 2 qirath itu? Nabi pun menjawab, 2 qirath itu sama dengan 2 gunung yang besar. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 83478
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini