Tahukah Kamu Siapa Pencipta Lagu Garuda Pancasila? Berikut Penjelasannya

×

Tahukah Kamu Siapa Pencipta Lagu Garuda Pancasila? Berikut Penjelasannya

Bagikan berita
Lambang Garuda Pancasila, (Foto: tangakapan layar Rumah Digital Indonesia)
Lambang Garuda Pancasila, (Foto: tangakapan layar Rumah Digital Indonesia)

Selain hal itu, Sudharnoto juga mendirikan Ensambel Gembira, sebuah kelompok penyanyi Istana, bersama sejumlah seniman yaitu Bintang Suradi dan Titi Soebronto K. Atmojo.Namun sayangnya, pasca-meletusnya tragedi 1965, seluruh anggota Lekra diburu, ditangkap, ditahan serta dibunuh tanpa melalui proses pengadilan. Sudharnoto tidak luput dari peristiwa itu. Sudharnoto diberhentikan dari RRI dan ikut dijebloskan di Rumah Tahanan Salemba.

Akibat peristiwa tersebut, Sudharnoto kehilangan pekerjaan. Setelah keluar dari penjara, Sudharnoto bekerja serabutan mulai dari menjadi penyalur es, sopir taksi hingga sopir di Bank Indonesia.Akan tetapi, pada tahun 1969, ia kembali terjun ke dunia musik dengan menjadi pianis di sebuah restoran dan hotel di Jakarta.

Pada tanggal 11 Januari 2020, Sudharnoto meninggal dunia dan dimakamkan di TPU Karet.Selain menggubah “Mars Pancasila" yang kini dikenal sebagai lagu “Garuda Pancasila", Sudharnoto juga telah menciptakan banyak lagu di antaranya “Asia-Afrika Bersatu", “Dunia Milik Kita" dan “Bunga Sakura".

Berikut Lirik Lagu Garuda Pancasila

Garuda Pancasila

Akulah pendukungmuPatriot proklamasi

Sedia berkorban untukmuPancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosaPribadi bangsaku

Ayo maju, majuAyo maju, maju

Ayo maju, maju!. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 78568
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini