5 Perbedaan ZIP dan RAR yang Sekilas Memiliki Kesamaan Fungsi 

×

5 Perbedaan ZIP dan RAR yang Sekilas Memiliki Kesamaan Fungsi 

Bagikan berita
5 Perbedaan ZIP dan RAR yang Sekilas Memiliki Kesamaan Fungsi  (Foto: Teranet/ Klikkoran)
5 Perbedaan ZIP dan RAR yang Sekilas Memiliki Kesamaan Fungsi  (Foto: Teranet/ Klikkoran)

KLIKKORAN.COM -  Apa perbedaan file ZIP dan file RAR? Jika kalian pernah melakukan kompresi file di dalam satu tempat, mungkin kalian sudah tidak asing dengan ZIP dan RAR.Kedua tipe kompresi file ini berfungsi untuk mengumpulkan beberapa file dalam satu berkas.

ZIP dan RAR bisa membuat pengguna lebih mudah dalam memindahkan, mengunggah ataupun mengunduh file dalam satu paket.Meskipun sekilas ZIP dan RAR memiliki kesamaan fungsi, kedua program ini memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya?

Berikut ini perbedaan file ZIP dan file RAR. Simak selengkapnya di bawah ini.

5 Perbedaan File ZIP dan File RAR

Proses Ekstraksi ZIP dan RAR

File yang menggunakan ZIP umumnya tidak perlu menggunakan aplikasi khusus karena sudah banyak platform yang dapat melakukan ekstraksi file yang menggunakan format ZIP.

Untuk file yang menggunakan format RAR harus menggunakan aplikasi tertentu untuk dapat membuka file tersebut.Sehingga harus memasang aplikasi khusus pada komputer, laptop maupun smartphone untuk membukanya.

ZIP: Tidak perlu aplikasi untuk proses ekstraksi
RAR: Perlu aplikasi untuk ekstraksi seperti

WinRAR

Kecepatan Kompresi

Perbedaan lainya bisa kamu lihat pada segi kecepatan saat kamu melakukan kompresi file. ZIP lebih unggul jika di perbandingkan dengan RAR.Hal tersebut karena format ZIP memang mengutamakan sisi kecepatan kompresi di bandingkan hasil kompresi tersebut.

Meski begitu, file tidak rusak karena format ZIP telah desain sedemikian rupa agar file data tidak mengalami kerusakan saat melakukan kompresi.

ZIP: Proses kompresi yang lebih cepat

RAR: Proses kompresi yang lebih lambat

Batas Kompresi

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 72367
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini