Doa Buka Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Dengan Arti, Adab dan Hadits

×

Doa Buka Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Dengan Arti, Adab dan Hadits

Bagikan berita
Doa Buka Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Dengan Arti, Adab dan Hadits
(ilustrasi)
Doa Buka Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Dengan Arti, Adab dan Hadits (ilustrasi)

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .Latin: Allahumma laka shumtu wabika aamanyu wa 'alaa rizqika afthartu dzhaba dhomau wabtallatil uruuqu watsabatal ajru insyaallah.

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahlah tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.Dalam riwayat lain disebutkan lafaz doa berbuka puasa sebagai berikut:

ذَهَبَ الظَّمأُ، وابْتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَبَتَ الأجرُ إِن شاءَ اللهُLatin: Dzahaba dhomau wabtallatil 'uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Artinya: Rasa haus telah hilang, kerongkongan telah basah, dan telah tetap pahala, insya Allah (HR. Abu Daud, Ad Daruquthni menyatakan sanadnya hasan, Al Hakim menyatakan sanadnya shahih menurut Syaikhain/bukhori muslim).Adab Buka Puasa

Ada beberapa adab buka puasa yang perlu diketahui.1. Menyegerakan Berbuka Disunnahkan dalam berbuka puasa untuk menta‘jil atau menyegerakan berbuka sebelum shalat Maghrib.

Meski hanya dengan seteguk air atau sebutir kurma. Dari Sahl bin Saad bahwa Nabi SAW bersabda, ”Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan berbuka.”(HR Bukhari 1957 dan Muslim 1058).2. Makan kurma dan minum air

Dari Anas RA. berkata bahwa Rasulullah SAW berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat. Bila tidak ada maka dengan kurma. Bila tidak ada maka dengan minum air. (HR Abu Daud, Hakim dan Tirmizy).3.Berdoa ketika berbuka

Disunnahkan membaca doa yang ma‘tsur dari Rasulullah SAW ketika berbuka puasa. Karena do‘a orang yang puasa dan berbuka termasuk doa yang tidak tertolak.Dari Abdullah bin Amr bin al-Ash berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Bagi orang yang berpuasa ketika sedang berbuka ada doa yang tak akan ditolak. (HR Tirmidzy)

Sedangkan teks doa yang diajarkan Rasulullah SAW antara lain:"Ya Allah, kepada Engkaulah aku berpuasa dan dengan rizki dari-Mu aku berbuka".

Doa ini didasarkan oleh sebuah hadits mursal riwayat Abu Daud dan Al-Baihaqy.“Telah hilang haus dan telah basah tenggorakan dan telah pasti balasan Insya Allah.”

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 61741
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini