6 Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan

×

6 Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Bagikan berita
Bulan Suci Ramadhan, (Foto: Monitor)
Bulan Suci Ramadhan, (Foto: Monitor)

1. Doa agar Dipertemukan dengan Bulan RamadhanAl-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan sebuah riwayat yang menunjukkan semangat para sahabat dan ulama dalam menyambut ramadan.

Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu’alla bin Al-Fadhl, seorang ulama tabi’ tabiin yang mengatakan:كانوا يدعون الله تعالى ستة أشهر أن يبلغهم رمضان يدعونه ستة أشهر أن يتقبل منهم.

Artinya: Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan, (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).2. Doa agar Diterima Amalan di Bulan Ramadhan

Al-Hafidz Ibnu Rajab kembali menyebutkan salah satu contoh doa menjelang Ramadhan yang pernah dipanjatkan.Salah satu doa dan harapan ini seperti yang pernah diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir, seorang ulama tabi’in bahwa beliau mengatakan:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً.Artinya: Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan, (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

3. Doa Menyambut Ramadhan dan Memohon Pertolongan AllahDoa ini tak hanya digunakan untuk menyambut Ramadhan, tetapi dapat berlaku pada setiap awal bulan.

Doa ini diucapkan ketika melihat Hilal. Doa tersebut yakni:اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ.

Artinya: Allahu akbar, ya Allah jadikanlah Hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah. (HR Ahmad no 888, Ad-Darimi no 1729, dan dinilai sahih oleh Syua’ib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171).4. Doa Menyambut Ramadhan dan Mengharap Keberkahan

Doa menyambut bulan Ramadhan ini diajarkan oleh Rasulullah dan diterapkan oleh para sahabat, yakni:اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ .

Artinya: Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami di bulan Ramadan, (HR Ahmad No 2346).5. Doa agar Menyambut Ramadan dengan Perasaan Gembira

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 60651
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini