Khutbah Jumat Singkat Februari 2022: Keutamaan Ibadah di Bulan Rajab

×

Khutbah Jumat Singkat Februari 2022: Keutamaan Ibadah di Bulan Rajab

Bagikan berita
Khutbah Jumat Singkat & Terbaru 2022: Keutamaan Ibadah di Bulan Rajab
(ilustrasi)
Khutbah Jumat Singkat & Terbaru 2022: Keutamaan Ibadah di Bulan Rajab (ilustrasi)

Padahal orang Arab sangat terkenal semangatnya untuk menuntut bela dan membalas dendam. Itulah ketetapan yang harus dipenuhi, karena pelanggaran terhadap ketentuan ini sama saja dengan menganiaya diri sendiri, sebab Allah telah memuliakan dan menjadikannya bulan-bulan yang harus dihormati.Abu Nu’aim dan Ibnussunni meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap kali memasuki bulan Rajab, beliau membaca doa: اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ “Ya Allah, anugerahkanlah keberkahan kepada kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah umur kami pada bulan Ramadan.”

Salah satu keutamaan bulan Rajab adalah terdapat satu malam di mana doa-doa diijabah dan pada waktu itu.Seperti ditegaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab al-Umm yang memiliki makna: “Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada lima malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adlha, malam hari raya Idul Fithri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya'ban.”

Hadirin, jamaah Jumat rahimakumullah, Karena bulan Rajab termasuk bulan yang istimewa, maka kita sebagai umat muslim jangan sampai melewatkan kesempatan ini dengan melakukan banyak ibadah.Di antara banyak keistimewaan ibadah yang ada di bulan rajab ini terdapat, tiga di antaranya yang bisa kita lakukan:

1. Memperbanyak PuasaPuasa yang dianjurkan pada bulan Rajab adalah puasa-puasa sunah yang sudah lazim dikerjakan seperti bulan-bulan lainnya. Sebagai misal, puasa Senin dan Kamis, puasa Ayyamul Bidh (Hari-hari Putih), serta puasa Daud.

Untuk puasa Ayyamul Bidh pada Rajab ini jatuh pada tangaal 15, 16, dan 17 Februari 2022. Puasa Ayyamul Bidh lazimnya dikerjakan pada 13, 14, 15 setiap bulannya sesuai penanggalan hijriah.Bedanya puasa pada Rajab dibandingkan bulan-bulan biasanya adalah pahalanya yang dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Hal ini disampaikan Abdullah bin Abbas RA: "Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak,” (Lataif Al-Ma'arif, 2009: 207).2. Memperbanyak Sedekah

Selain memperbanyak puasa, pada Rajab juga seorang muslim dianjurkan untuk menyedekahkan hartanya bagi orang-orang yang membutuhkan.Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa bersedekah pada Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka, sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua."

3. Memperbanyak Doa, Zikir, dan IstigfarPada bulan Rajab, kita sebagai umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak doa, zikir, dan istigfar. Karena Bulan Rajab adalah bulan yang mulia. Berdoa pada Allah di bulan ini tidak akan sia-sia.

Sungguh beruntung seseorang yang memperbaiki amalan, menjauhkan diri dari perbuatan keji dan kemungkaran. Beramal di bulan ini bagaikan mendapatkan emas mulia, memanfaatkan waktu dengan taat merupakan hal yang utama.Untuk zikir dan istighfar, tidak ada ketentuan dan bacaan khusus. Jika umat muslim mengerjakannya, maka pahala dan ampunan Allah SWT lebih besar daripada bulan-bulan biasanya.

Selain tiga keistimewaan tersebut, bulan Rajab merupakan bulan yang baik untuk bercocok tanam, Sya’ban bulan untuk menyiram, dan Ramadhan adalah bulan panen hasil bertanam.Setiap orang akan menuai apa yang ia tanam, setiap orang akan menuai perbuatannya. Siapa pun yang tidak menghiraukan tanamannya, ia akan menyesal di hari pembalasan. Hadirin jamaah Jumat, demikianlah khotbah Jumat kali ini.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 46470
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini