Cara Pengobatan Penyakit Kusta yang Menular Hanya dari Hirupan Udara Penderita

×

Cara Pengobatan Penyakit Kusta yang Menular Hanya dari Hirupan Udara Penderita

Bagikan berita
Hari Kusta Internasional (foto: https://pari.or.id/hari-kusta-sedunia/)
Hari Kusta Internasional (foto: https://pari.or.id/hari-kusta-sedunia/)

Kusta dapat disembuhkan dengan terapi multi obat selama 6-12 bulan dan perawatan dini menghindari kecacatan.Obat-obatan seperti steroid dan antibiotic dapat menurunkan gejalanya, diiringi dengan perawatan dokter terkait.

Kamu bisa mengunjungi dokter penyakit menular, tingkatkan sistem imun serta dokter kulit dermatologi.

Sejarah Hari Kusta Sedunia

Hari Kusta Sedunia diperingati pada hari ini Selasa, 25 Januari 2022 yang telah ditetapkan sejak tahun 1953 lalu.Raoul Follereau adalah salah satu pelopor dan aktivis kemanusiaan yang menetapkan Hari Kusta Internasional.

Penyakit ini berasal dari kata ‘Khustha’ yaitu menggerogoti dan memiliki tujuan penghormatan pada sosok terkait.Mahatma Gandhi adalah tokoh yang menurut sejarahnya, telah mengasihinani penderita kusta yang merajai masa itu.

Penyakit ini merupakan salah satu contoh Neglected Tropical Diseases (NTD).Kusta adalah suatu penyakit infeksius yang disebabkan oleh bakteri: Mycobacterium leprae .

Penyakit ini menyerang berbagai bagian tubuh termasuk saraf, kulit, dan saluran pernafasan atas (World Health Organization [WHO], 2019).Di lansir dari tropmed.fk.ugm.ac.id Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami peningkatan kasus baru setiap tahunnya.

Hal ini menjadikan jumlah Indonesia menduduki peringkat ketiga di dunia setelah India dan Brasil sebagai negara dengan kasus kusta tertinggi.Kampanye ini bertujuan untuk menghormati hak hidup individu yang pernah mengalami kusta.

Twibbon Hari Kusta Internasional

1. SUBDIT PTML – HARI KUSTA SEDUNIA 2022 >> https://www.twibbonize.com/hks22

2. Nlr indonesia – Hari Kusta Sedunia 2022 Bersama NLR Indonesia . Kusta.Hapuskan stigmanya. Rangkul orangnya. >> https://www.twibbonize.com/harikustasedunia20223. promkes kaltim – HARI KUSTA SEDUNIA 2022 >> https://www.twibbonize.com/harikustasedunia22

4. goodscoop.id – Hari Kusta Internasional >> https://www.twibbonize.com/harikustainternasional255. Muhammad Ihtisan – Hari Kusta Sedunia >> https://www.twibbonize.com/hkskotabaubau

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 44251
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini