Puasa Ayyamul Bidh Muharram di Bulan Agustus 2021, Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa

×

Puasa Ayyamul Bidh Muharram di Bulan Agustus 2021, Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa

Bagikan berita
Puasa Ayyamul Bidh Muharram di Bulan Agustus 2021, Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa
Puasa Ayyamul Bidh Muharram di Bulan Agustus 2021, Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa

KLIKKORAN.COM - Puasa Ayyamul di bulan Muharram 1443H yang jatuh pada Agustus 2021 ini akan menjelang.Pada bulan Muharram 1443 Hijriyah ini, jadwal puasa Ayyamum yaitu pada tanggal 13-15 Muharram pada kalender hijriyah tepatnya pada tanggal 22-23 Agustus 2021 ini pada kalender Masehi.

Pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh Muharram yang jatuh pada bulan Agustus di tahun 2021 ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada hari Minggu, Senin dan Selasayang akan datang.Bulan Muharram adalah bulan istimewa milik Allah SWT. Dianjurkan bagi umat Islam memperbanyak amalan sholih di bulan ini.

Amalan sholeh yang dianjurkan antara lain berpuasa sunnah Muharram, terdiri dari puasa Tasua, Puasa Asyura, Puasa setelah Asyura, dan salah satunya Puasa Ayyamul Bidh.Banyak keutamaan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, mulai dari pahala yang berlipat ganda hingga mendapatkan Surga Ar-Rayyan.

Waktu Pelaksanaan Puasa Ayyamul Bidh

Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunah yang dikerjakan pada pertengahan bulan. Namun, waktunya berdasarkan kalender Islam atau qomariah dan tidak bisa ditentukan menggunakan kalender yang biasa ditemukan atau kalender masehi.

Waktu pastinya dalam pelaksanaannya adalah bisa dilakukan pada setiap tanggal 13-15 dalam setiap bulan hijriah, kecuali bila bertepatan dengan hari tasyrik atau hari yang terlarang untuk berpuasa maka puasa tersebut tidak boleh dilakukan.

Pelaksanaan Puasa Ayyamul Bidh Muharram 1443H/2021

Berikut tata cara pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh :1. Membaca Niat Puasa

“Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala”Artinya : “Saya niat berpuasa besok pada (ayyamul bidh) hari-hari putih sunnah karena Allah Ta’ala”

2. Disunnahkan untuk makan sahur“Sesungguhnya makan sahur adalah barokah yang Allah berikan pada kalian maka janganlah kalian tinggalkan.” (HR An Nasaa’i dan Ahmad)

3. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasaBagi orang yang sedang berpuasa, menahan diri adalah hal yang paling utama apalagi hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti: makan, minum, mabok dll.

4. Menyegerakan berbuka jika sudah memasuki waktunyaDalam hadist Qudsi, Rasulullah SAW menegaskan firman Allah SWT, “Sesungguhnya hamba-hambaKU yang paling Kucintai ialah yang lebih menyegerakan berbuka puasa.” (HR Ahmad dan Tirmidzi).

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 28773
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini