Mengenal Studio Ghibli dan Daftar Urutan Film Animasi dari Awal sampai yang Terbaru

×

Mengenal Studio Ghibli dan Daftar Urutan Film Animasi dari Awal sampai yang Terbaru

Bagikan berita
Foto: Studio Ghibli
Foto: Studio Ghibli

Ghost in the Shell 2: Innocence adalah sebuah film animasi komputer Jepang tahun 2004. Film itu diproduksi bersama oleh Production I.G dan Studio Ghibli untuk Tokuma Shoten, Nippon Television Network, Dentsu, Disney, Toho dan Mitsubishi Corporation, dan didistribusikan oleh Toho.Film ini dirilis di Jepang pada 6 Maret 2004, dan kemudian dirilis di AS pada 17 September 2004 oleh Go Fish Pictures, Innocence memiliki anggaran produksi sekitar $20 juta (sekitar 2 miliar yen).

19. Howl's Moving Castle (2004) Howl's Moving Castle adalah sebuah film fantasi animasi Jepang tahun 2004 yang ditulis dan disutradari oleh Hayao Miyazaki. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis asal Inggris, Diana Wynne Jones. Film ini diproduksi oleh Toshio Suzuki, dengan animasinya oleh Studio Ghibli dan didistribusikan oleh Toho. Mamoru Hosoda, sutradara dari 1 episode dan 2 film dari serial Digimon, awalnya dipilih sebagai sutradara namun tiba-tiba menolaknya, membuat Miyazaki mengambil peran sutradara.

Novel karya Wynne Jones yang diadaptasi memungkinkan Miyazaki untuk mengkombinasikan seorang gadis yang pemberani dan seorang sosok keibuan ke dalam satu karakter utama, Sophie. Sophie diceritakan sebagai seorang pengrajin topi berusia 18 tahun. Ia kemudian dikutuk oleh seorang penyihir yang mengubahnya menjadi nenek tua berumur 90 tahun. Sophie pada awalnya cemas akan perubahan yang dialaminya. Namun, ia mencoba untuk menerimanya sebagai pembebasan dari rasa gugup, takut, dan tidak sadar diri. Perubahan tersebut mungkin merupakan kesempatan bagi sebuah petualangan.20. Tales from Earthsea (2006) 

Tales from Earthsea adalah film Jepang produksi tahun 2006 bergenre animasi fantasi yang disutradarai oleh Gorō Miyazaki dan diproduseri oleh Studio Ghibli. Film ini diangkat dari kombinasi alur cerita dan karakter yang tertulis dalam empat buku karya Ursula K. Le Guin berjudul Earthsea series: A Wizard of Earthsea, The Tombs of Atuan, The Farthest Shore, dan Tehanu. Tapi film ini diberi judul dari cerita pendek, Tales from Earthsea, yang ditulis tahun 2001. Film ini juga terinspirasi oleh film The Journey of Shuna karya Hayao Miyazaki.21. Ponyo on the Cliff by the Sea (2008) 

Ponyo on the Cliff by the Sea adalah film animasi fantasi karya Hayao Miyazaki yang dirilis oleh Toei Company (Jepang) pada 19 Juli 2009. Film ini adalah karya Miyazaki setelah film animasi Howl's Moving Castle yang dirilis 4 tahun sebelumnya (2004). Selain sebagai sutradara dalam film Ponyo, Miyazaki juga merangkap sebagai produser dan penulis. Hal ini juga pernah dialami Miyazaki pada saat membuat film animasi Spirited Away pada tahun 2001. Ponyo on the Cliff saat ini bisa disaksikan di Netflix dan HBO.Film ini adalah percampuran antara dunia nyata dan fantasi. Di dalamnya banyak terjadi fenomena alam tak lazim yang tidak disertai penjelasan. Miyazaki menjelaskan bahwa pada saat dia membuat karya ini dia berpikir untuk membuat film tanpa alur, tetapi mudah dimengerti. Miyazaki merasa bosan dengan alur cerita yang biasa saja dan ingin membuat sesuatu yang tidak bergantung pada idealisme.

22. The Secret World Of Arrietty (2010) The Secret World Of Arrietty adalah film animasi Jepang produksi tahun 2010 bergenre drama fantasi yang dibikin di Studio Ghibli, disutradarai oleh Hiromasa Yonebayashi, berdasarkan skenario yang ditulis oleh Hayao Miyazaki dan Keiko Niwa.[2] Film ini diangkat dari buku The Borrowers karya Mary Norton, seorang penulis buku anak-anak Inggris. Beberapa bintang yang terlibat sebagai penyulih suara dalam film ini antara lain Mirai Shida, Ryunosuke Kamiki, Shinobu Otake, Keiko Takeshita, Tatsuya Fujiwara, Tomokazu Miura, dan Kirin Kiki. Toshio Suzuki memproduseri film ini.

23. From Up On Poppy Hill (2011) From Up On Poppy Hill adalah film animasi Jepang produksi Studio Ghibli tahun 2011 bergenre drama yang disutradarai oleh Gorō Miyazaki, berdasarkan skenario yang ditulis oleh Hayao Miyazaki dan Keiko Niwa.

Film ini diangkat dari serial komik tahun 1980 dengan judul Kokurikozaka kara yang diilustrasikan oleh Chizuru Takahashi dan ditulis oleh Tetsurō Sayama. Beberapa bintang yang mengisi suara untuk film ini antara lain Masami Nagasawa, Junichi Okada, Keiko Takeshita, Yuriko Ishida, Jun Fubuki, Takashi Naito, Shunsuke Kazama, Nao Ōmori dan Teruyuki Kagawa.24. The Wind Rises (2013) 

The Wind Rises adalah film animasi Jepang produksi Studio Ghibli dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki.[1] Film ini didasarkan pada manga berjudul sama yang berasal dari cerita pendek karya Tatsuo Hori, seorang penulis, penyair, dan penerjemah dari zaman Showa. Kaze Tachinu adalah biografi fiksi sejarah dari insinyur aeronautika Jiro Horikoshi yang merancang pesawat-pesawat tempur Angkatan Laut Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II, termasuk pesawat tempur Mitsubishi A6M Zero.Film ini adalah film mengenai perang, tetapi bukan sebuah film perang. Hayao Miyazaki hanya ingin menampilkan semangat untuk terbang dari Jiro Horikoshi dengan latar belakang militerisme Jepang abad ke-20.

25. The Tale of the Princess Kaguya (2013) The Tale of the Princess Kaguya adalah sebuah film drama fantasi animasi Jepang 2013 yang diproduksi oleh Studio Ghibli dan disutradarai dan ditulis oleh Isao Takahata[3] , berdasarkan pada Kisah Pemotong Bambu.[4][5][6] Film tersebut adalah film kelima Takahata untuk Studio Ghibli, dan film pertamanya sejak My Neighbors the Yamadas (1999). Film tersebut dirilis pada 23 November 2013.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 143679
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini