Mengenal Studio Ghibli dan Daftar Urutan Film Animasi dari Awal sampai yang Terbaru

×

Mengenal Studio Ghibli dan Daftar Urutan Film Animasi dari Awal sampai yang Terbaru

Bagikan berita
Foto: Studio Ghibli
Foto: Studio Ghibli

10. Whisper of the Heart (1995) Whisper of the Heart adalah sebuah film drama romansa remaja animasi Jepang tahun 1995 yang disutradarai oleh Yoshifumi Kondō dan ditulis oleh Hayao Miyazaki berdasarkan pada manga tahun 1989 bernama sama karya Aoi Hiiragi. Film tersebut dianimasikan oleh Studio Ghibli untuk Tokuma Shoten

11. On Your Mark (1995) (video klip) On Your Mark adalah video musik yang dibuat oleh Hayao Miyazaki untuk duo musik pop Chage dan Aska, yang dia kerjakan sebagai proyek sampingan selama produksinya Mononoke Hime . Ini adalah karya pertama sutradara yang menggabungkan animasi digital dan gambar tangan. Awalnya ditayangkan sebagai bagian dari tur MISSION IMPOSSIBLE SUPER BEST3 duo tersebut pada bulan Juni 1995, video tersebut kemudian ditayangkan bersamaan dengan pemutaran Mimi wo Sumaseba di bioskop.

12. Princess Mononoke (1997) Princess Mononoke adalah animasi fantasi bersejarah tahun 1997 yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli. "Mononoke" (物の怪) bukanlah sebuah nama, tetapi istilah umum dalam bahasa Jepang untuk roh atau raksasa.

Film ini pertama dirilis di Jepang pada tanggal 12 Juli 1997, dan di Amerika Serikat pada tanggal 29 Oktober 1999.Princess Mononoke adalah sebuah drama yang berlatar pada akhir Zaman Muromachi Jepang tetapi dengan banyak unsur fantasi. Cerita berpusat pada keterlibatan orang luar Ashitaka dalam perjuangan antara wali supranatural hutan dan manusia dari Kota Besi yang mengkonsumsi banyak sumber daya alam. Tidak ada kemenangan yang jelas, dan harapan bahwa hubungan antara manusia dan alam dapat seimbang menjadi kabur

13. My Neighbors the Yamadas (1999)  My Neighbors the Yamadas adalah sebuah film komedi animasi Jepang tahun 1999 yang ditulis dan disutradarai oleh Isao Takahata, dianimasikan oleh Studio Ghibli untuk Tokuma Shoten, Nippon Television Network, Hakuhodo dan Buena Vista Home Entertainment, dan didistribusikan oleh Shochiku.

14. Shiki-Jitsu (2000) (di bawah divisi live action Studio Kajino) Seorang pembuat film yang kecewa bertemu dengan seorang gadis muda yang memiliki ritual mengulang "Besok adalah hari ulang tahunku" setiap hari. Dia mencoba berkomunikasi dengannya melalui kamera videonya.

15. Spirited Away (2001) Spirited Away bercerita tentang Chihiro Ogino (Hiiragi), seorang gadis 10 tahun yang saat pindah ke lingkungan baru, memasuki dunia Kami (cerita rakyat roh Shinto Jepang).[8] Setelah orang tuanya diubah menjadi babi oleh penyihir Yubaba (Natsuki), Chihiro mengambil pekerjaan di pemandian Yubaba untuk menemukan cara membebaskan dirinya dan orang tuanya, dan kembali ke dunia manusia.

16. The Cat Returns (2002) (sekuel kepada Whisper of the Heart) The Cat Returns (Balasan Para Kucing) merupakan sebuah film animasi fantasi Jepang yang dirilis pada tahun 2002 oleh Studio Ghibli dan ditulis Reiko Yoshida berdasarkan manga The Cat Returns karya Aoi Hiiragi. Film ini disutradarai Hiroyuki Morita dan diproduseri Toshio Suzuki dan Nozomu Takahashi. Ini menjadi film Hiroyuki Morita yang pertama dan satu-satunya selama menjadi sutradara dari Studio Ghibli.

Sebagai sekuel dari Whisper of the Heart, film animasi ini dirilis di bioskop Jepang pada 20 Juli 2002 melalui Toho, dan dirilis di Amerika Serikat pada tahun 2005 melalui Walt Disney Home Entertainment.[4] Film ini berhasil meraih Penghargaan Unggulan pada Festival Seni Media Jepang 2002. Di bawah kontrak lisensi Studio Ghibli, GKIDS kembali merilis ulang film tersebut dalam bentuk Blu-ray dan DVD pada 16 Januari 2018.17. Ghiblies Episode 2 (2002) (ditayangkan pada saat yang bersamaan dengan The Cat Returns) 

Ghiblies kembali!, dan kita bisa melihat staf Ghibli makan kari ekstra panas untuk makan siang dan lebih banyak cinta pertama Nonaka semuanya dalam sekuel salah satu set film pendek paling unik dari Studio Ghibli.18. Innocence: Ghost in the Shell (2004) (diproduksi bersama dengan Production I.G.) 

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 143679
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini