Mengenal Studio Ghibli dan Daftar Urutan Film Animasi dari Awal sampai yang Terbaru

×

Mengenal Studio Ghibli dan Daftar Urutan Film Animasi dari Awal sampai yang Terbaru

Bagikan berita
Foto: Studio Ghibli
Foto: Studio Ghibli

KLIKKORAN.COM - Berikut adalah informasi mengenai Studio Ghibli lengkap dengan daftar urutan film dan animasi yang diproduksi sampai yang terbaru.Bagi pecinta anime Jepang, nama Studio Ghibli tentunya bukan nama yang asing. Karena, studio ini telah memproduksi banyak sekali film animasi berkualitas yang disukai oleh anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Studio Ghibli adalah studio film animasi yang berbasis di Koganei, Tokyo, Jepang. Film-film animenya mengandung unsur-unsur provokatif, imajinatif, emosional, dan telah mendapatkan pujian yang luas dari seluruh dunia.Didirikan pada tahun 1985, Studio Ghibli dipimpin sutradara ternama Hayao Miyazaki bersama dengan rekannya yang juga pembimbingnya, Isao Takahata.

Sebagian besar film Studio Ghibli yang banyak menerima penghargaan adalah film-film yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki.

Sejarah Studio Ghibli

[caption id="attachment_143681" align="alignnone" width="432"]Studio Ghibli Foto: Studio Ghibli[/caption]Asal mula berdirinya Studio Ghibli dapat dibilang berawal pada tahun 1983, dengan film Nausicaä of the Valley of the Wind (1984), yang mulanya merupakan manga bersambung yang diterbitkan majalah manga terbitan Tokuma Shoten.

Tokuma adalah perusahaan induk Studio Ghibli, dan telah memberikan pada Disney hak-hak video untuk delapan filmnya serta hak distribusi dunia untuk Princess Mononoke , Mononoke Hime (1997) dan Spirited Away Sen to Chihiro no Kamikakushi(2001).Sebagian besar film Studio Ghibli yang banyak menerima penghargaan adalah film-film yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki.

Film Ghibli yang bukan merupakan hasil arahan Miyazaki yang paling terkenal dan dipuji adalah. Grave of the Fireflies (1988), yang disutradarai Isao Takahata yang merupakan  sebuah film sedih yang terfokus pada kehidupan dua anak yatim piatu pada zaman pasca-Perang Dunia II di Jepang.Film-film hasil garapan Studio Ghibli sangat diminati bukan hanya di dalam negeri saja, tetapi hingga ke mancanegara. Pada tanggal 1 Oktober 2001, didirikanlah Museum Ghibli, yang menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Jepang.

Asal Nama Studio Ghibli

Nama Studio Ghibli berasal dari nama panggilan yang digunakan orang-orang Italia untuk menyebut pesawat-pesawat pengincar Sahara mereka pada masa Perang Dunia II (nama yang mengandung arti angin panas yang bertiup menyusuri Gurun Sahara, sirocco).

Meskipun istilah tersebut berasal dari bahasa Italia namun kata ini diserap dari kata qibli (قبلي) dan etimologis berasal dari kata "qibla" atau kiblat, dalam bahasa Jepang nama studio itu dilafalkan 'ji-bri' atau 'ji-bu-ri'. Teori di balik nama tersebut adalah bahwa studio tersebut sedang meniupkan angin yang baru terhadap industri anime.

Daftar Urutan Lengkap Film & Animasi Studio Ghibli:

Daftar Urutan Film & Animasi Studio Ghibli1. Nausicaä of the Valley of the Wind (1984) 

Film ini sering dicatat sebagai produksi Studio Ghibli, namun film ini dibuat sebelum studio didirikan.Nausicaä of the Valley of the Wind adalah sebuah film animasi Jepang tahun 1984 beraliran petualangan fantasi pasca-apokaliptik yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki yang didasarkan dari manga karyanya tahun 1982 dengan judul yang sama.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 143679
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini