Cara Memperingati Hari Angklung Sedunia 16 November 2022, Google Doodle Ikut Merayakan

Ă—

Cara Memperingati Hari Angklung Sedunia 16 November 2022, Google Doodle Ikut Merayakan

Bagikan berita
16 November adalah Hari Angklung Sedunia, Google Ikut Merayakan Lewat Doodle yang Unik (Foto : Tangkap Layar Google)
16 November adalah Hari Angklung Sedunia, Google Ikut Merayakan Lewat Doodle yang Unik (Foto : Tangkap Layar Google)

KLIKKORAN.COM - Pada artikel ini bakal membahas Hari Angklung Sedunia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 16 November.Tepat pada hari ini tanggal 16 November 2022, seluruh masyarakat dunia khususnya di Indonesia akan merayakan suatu hari penting yang disebut dengan Hari Angklung Sedunia.

Uniknya Google pun ikut merayakan hari penting tersebut dengan menampilkan sebuah Doodle unik yang memperlihatkan enam orang yang sedang memainkan alat musik angklung.Google Doodle merupakan perubahan logo khusus pada beranda Google yang dimaksudkan untuk memperingati mengenang tokoh, hari libur atau hari penting lainnya seperti Hari Angklung Sedunia ini.

Berikut ini Klikkoran.com akan merangkum tentang sejarah dan cara memperingati Hari Angklung Sedunia 16 November.

Sejarah Hari Angklung Sedunia

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia dan berasal dari Jawa Barat yang sudah mulai dikenal oleh masyarakat dunia.Pada tanggal 16 November 2010 lalu, angklung diakui sebagai warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan asal Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Hal tersebut terjadi saat Indonesia mengusulkan untuk masuk Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan dalam pertemuan dengan komite UNIESCO di Nairobi, Kenya tanggal 15-19 November 2010.Dari hasil pertemuan tersebutlah angklung Indonesia dinilai telah memenuhi kriteria-kriteria dan diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan asal Indonesia.

Cara Memperingati Hari Angklung Sedunia

1. Melakukan program publikasi tentang Hari Angklung Sedunia dan kesenian angklung Indonesia

2. Melakukan program edukasi tentang Hari Angklung Sedunia dan pentingnya angklung Indonesia3. Mempelajari budaya kesenian angklung Indonesia dan cara memainkan alat musik angklung

4. Berpartisipasi atau turut serta dalam berbagai kegiatan dengan tema Hari Angklung Sedunia5. Menyebarkan informasi Hari Angklung Sedunia dengan ucapan Selamat Hari Angklung Sedunia

6. Menyemarakkan Hari Angklung Sedunia dengan memasang twibbon Hari Angklung Sedunia.Demikianlah rangkuman dari sejarah Hari Angklung Sedunia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 16 November lengkap dengan cara memperingatinya. (KK)

Tonton juga Video dari Youtube Klikkoran.com di bawah ini:[embed]https://www.youtube.com/watch?v=8RKJv-_o96U[/embed]

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 130362
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini