Apa Itu Day Dream? Berikut Manfaat serta Efek Negatif yang Dihasilkannya

×

Apa Itu Day Dream? Berikut Manfaat serta Efek Negatif yang Dihasilkannya

Bagikan berita
Ilustrasi, (Foto: Istimewa)
Ilustrasi, (Foto: Istimewa)

KLIKKORAN.COM - Berikut dalam artikel ini akan membahas pengertian apa itu day dream serta manfaat dan efek negatifnya.

Untuk kamu ketahui, day dream merupakan kondisi psikologis seseorang yang masuk pada alam mimpi, namun orang yang mengalami day dream masih dalam keadaan sadarkan diri.

Day dream atau yang biasa disebut melamun ini ternyata dipicu oleh hasrat atau keinginan yang sering kali tidak terwujud biasanya sering terjadi pada anak-anak.

Baca juga: Apa Itu Bulan Safar? Berikut Penjelasanya serta Sejarahnya

Dimana prilaku orangtua yang terlalu mengekang, menentang aktivitas, melarang, sehingga menyebabkan anak memasuki kondisi melamun agar dapat memuaskan perasaan ingin diakui, diperhatikan dan disayang. Namun tentu saja kondisi ini juga sering terjadi pada orang dewasa.

Day dream ini sering juga terjadi pada seseorang yang pada kehidupan nyatanya memilukan, sehingga memasuki kondisi day dream, supaya bisa meringankan beban ataupun mencari pelarian.

Macam Macam Day Dream 

1. Day Dream Berisi Aksi Kepahlawanan Dalam lamunan ini seseorang berkhayal menjadi tokoh besar, ataupun menjadi pahlawan. Biasanya day dream ini membayangkan bahwa ia melakukan pekerjaan berjasa, pekerjaan besar, terpandang sehingga menjadikan dirinya seolah-olah tokoh yang terkenal, dihormati, dan dikenal banyak orang.
Baca juga: Apa Itu Penyakit Varikokel pada Pria? Kenali Penyebab, Gejala, Cara Pencegahan dan Pengobatan
2. Day Dream Permusuhan Day dream permusahan ini menjadikan seseorang berkhayal akan adanya permusuhan, peperangan, pertikaian, bencana besar, kejadian besar, atau bencana kematian yang menimpa beberapa orang yang dianggap baginya sebagai penghalang dalam memenuhi keinginan-keinginan seseorang tersebut. Seseorang yang dalam kondisi day dream ini menghayalkan istri, atau pasangannya mati. Dikarenakan di kehidupan nyatanya pun orang tersebut tidak bisa lepas dari pasangannya. 3. Day Dream Berisi Keinginan Mati Pada tahap day dream ini biasanya seseorang menghayalkan dirinya dalam kondisi terburuk, baik itu tertimpa bencana, dalam kondisi bahaya ataupun kondisi dimana nyawanya terancam. Bahkan ia bisa membayangkan dirinya sedang mendapati penyakit keras yang tidak ada obat dan akan segera meninggal. Seseorang dengan kondisi ini biasanya disebabkan timbulnya rasa putus asa, perasaan bersalah, ataupun perasaan akan dosa-dosanya.
Baca juga: Apa Itu Saham? Jenisnya dan Bagaimana Cara Membelinya?
Maka dengan membayangkan kejadian tersebut, ia berharap kekecewaan yang menghantuinya dapat menghilang atau dapat mengahapus beberapa kesalahan yang telah diperbuat. Adapun manfaat melamun, sebagai berikut
  • Mengibur Diri
Melamun dapat menghibur diri seseorang dari hasrat yang terpendam, yang terkadang dapat memicu stres dan frustasi.
  • Ketentraman Jiwa
Melamun dapat menimbulkan efek nyaman pada jiwa seseorang, karna dunia yang ia ciptakan pada fase day dream sangat lah sempurna sesuai dengan apa yang ia harapkan.
  • Memberikan Semangat
Melamun dapat memberikan semangat atau motivasi pada diri seseorang, karna dengan melamun seseorang akan lebih antusias agar apa yang di angan-angankan nya dapat tercapai.
Baca juga: Arti Kata Runtah yang Berasal dari Sunda Viral di TikTok, Apa Itu?
  • Melamun Dapat Meningkatkan Kreativitas
Dengan melamun dapat meningkatkan kreativitas, seperti banyaknya seniman yang mendapatkan ide-ide baru dengan cara melamun, atau kreatifitas sastra, bahkan karya ilmiah. Namun tetap saja, day dream tidak hanya memiliki manfaat, Tapi juga memiliki beberapa efek pada diri seseorang, yaitu:
  • Malas

Terkadang sebagian orang menjadikan day dream sebagai tujuan, bukan sebagai penghibur diri dari mimpi dan cita-cita yang tidak tercapai.

Hingga jika sifat melamun ini sering dilakukan akan membuat seseorang muah malas, dan membuang-buang waktunya untuk memasuki dunia day dream yang tidak nyata.

  • Membuang Waktu
Terlalu berlebihan dalam melamun dapat membuang waktu dengan percuma. Sehingga hal yang harusnya dapat dilakukan saat itu jadi sia-sia. Bahkan sebagian psikolog menganggap bahwa melamun merupakan bentuk pelarian diri dari kenyataan menuju alam khayalan yang dapat diciptakan.
Baca juga: Apa Itu Stagnan dalam Ekonomi? Pengertian dan 6 Cara Mengatasi Kondisi Stagnasi
  • Menggangu Kejiwaan
Terkadang melamun dapat mengakibatkan manusia mengalami gangguan histeris, seperti hilang ingatan, pingsan karna histeris, berpura-pura sakit, sedih berlarut-larut, dan gangguan kejiwaan lainnya. Bahkan dalam al- quran pun disebutkan bahwa angan-angan orang musyrik lah yang menghalangi mereka dari kebaikan. Pada surat an-najm ayat 23-25, yang mana berbunyi: “mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diigini oleh hawa nafsu mereka. Sunguh telah datang petujuk dari tuhan mereka. Atau, apakah manusia akan mendapat segala-segala yang dicita-citakannya. (tidak), maka hanya bagi Allah kehidupan akhirat dan kehidupan dunia” Itulah penjelasan mengenai day dream, macam-macamnya, manfaat dan efek yang diberikan jika terlalu sering melamun. (KK)

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 112083
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini