7 Fakta Nasida Ria, Grup Kasidah Legendaris yang Eksis di Panggung Dunia

×

7 Fakta Nasida Ria, Grup Kasidah Legendaris yang Eksis di Panggung Dunia

Bagikan berita
7 Fakta Nasida Ria, Grup Kasidah Legendaris yang Eksis di Panggung Dunia
(ilustrasi)
7 Fakta Nasida Ria, Grup Kasidah Legendaris yang Eksis di Panggung Dunia (ilustrasi)

KLIKKORAN.COM - Dalam ulasan ini tersedia rangkaian informasi mengenai 7 fakta Nasida Ria, grup kasidah legendaris yang eksis di panggung dunia.Nasida Ria merupakan grup kasidah modern Indonesia yang terdiri dari 9 wanita asal Semarang, Jawa Tengah dan dibentuk pada tahun 1975.

Nasida Ria pada awal pembentukannya dikelola oleh H. Mudrikah Zain, namun saat ini grup tersebut telah dikelola oleh Choliq Zain.Baca juga: Nasida Ria Grup Kasidah Legendaris Indonesia Tampil di Jerman

Hal menarik dari Grup kasidah Nasida Ria yang menjadi sorotan baru-baru ini adalah karena penampilan mereka di Jerman mengisi sebagai Opening Week Musik Program Documeta Fifteen.Week Musik Program Documeta Fifteen ini merupakan sebuah eksibisi seni kontemporer di Kassel, Jerman, yang diselenggarakan pada hari Sabtu (18/6/2022).

Ternyata terdapat beberapa fakta menarik yang dapat kita ketahui dari Grup Kasidah Nasida Ria ini, untuk informasi lengkapnya silahkan simak ulasan berikut.

7 Fakta Nasida Ria, Grup Kasidah Legendaris

Grup Kasidah Nasida Ria ini merupakan salah satu kelompok kasidah modern tertua di Indonesia yang baru saja tampil sebagai opening Week Musik Program Documeta Fifteen.Pada umumnya Lagu mereka terkait dakwah serta berhubungan dengan isu-isu pers, Keadilan, lingkungan, bencana, judi, dan perang.

Masruri menyatakan bahwa bahkan lagu dengan tema duniawi masih berdasarkan Al-Qur’an. dan kehadiran Nasida Ria mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap musik kasidah.Tidaka hanya bergerak dari panggung ke panggung hajatan, mereka kali ini mengguncang panggung musik Documenta Fifteen yang digelar di Kassel, Jerman sebagai pembuka.

"Besok Nasida Ria akan tampil sebagai pembuka di event seni akbar dunia @documentafifteen di Kassel, Jerman.Yuk yang dekat merapat kita Qasidah kan Jerman!! Yang jauh boleh dukung dengan doa biar acaranya berjalan dengan LANCARJAYA!!!!" tulis mereka di akun Instagram resmi, Jumat (17/6).

Berikut adalah beberapa fakta dan profil grup kasidah legendaris Nasida Ria yang eksis di panggung hiburan dunia, antara lain:1. Dibentuk pada 1975

Sepak terjang Nasida Ria dimulai pada 1975 setelah dibentuk oleh HM Zain. Salah satu pemuka agama asal Semarang, Jawa Tengah itu kemudian mengajak istri dan para muridnya untuk berlatih musik di asramanya yang terletak di kawasan Kauman Mustaram no 58, Semarang.Nasida Ria berarti nyanyian yang gembira. Jumlah anggota mereka awalnya disesuaikan dengan jumlah huruf nama grup, yaitu sembilan orang, Rien Jamain, Musyarofah, Umi Kholifah, Nur Ain, Nunung, Mutoharoh, Alfiyah, Kudriyah, dan Hj. Mudrikah Zain.

2. Debut dengan lagu berbahasa ArabAwalnya, grup ini menelurkan lagu menggunakan bahasa Arab berjudul "Alabaladil Makabul" yang memah terinspirasi dari musik Timur Tengah itu.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 86984
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini