[Grafik] Harga Jual Beli Emas Hari ini Senin 23 Mei 2022

×

[Grafik] Harga Jual Beli Emas Hari ini Senin 23 Mei 2022

Bagikan berita
[Grafik] Harga Jual beli Emas Hari ini Senin 23 Mei 2022 (pixabay)
[Grafik] Harga Jual beli Emas Hari ini Senin 23 Mei 2022 (pixabay)

KLIKKORAN.COM - Berikut update grafik harga jual beli emas terkini  hari Senin 23 Mei 2022Emas merupakan logam mulia dengan nilai harga yang cukup tinggi.

Wajar saja, kategori ini sering digunakan untuk tujuan investasi.Namun siapa sangka ternyata manfaat emas tidak hanya untuk investasi.

Emas juga dapat digunakan dalam bidang sosial, keagamaan, industri, medis, dll.Meskipun sifatnya stabil, harga emas bisa naik atau turun karena banyak faktor.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan harga emas berfluktuasi, antara lain:1. Perubahan Kurs Dollar AS

Nilai tukar dollar AS bisa dikatakan sebagai faktor yang paling kuat yang menentukan harga emas.Semakin tinggi kurs dollar AS terhadap rupiah, maka semakin tinggi pula nilai jual harga emas.

Sebaliknya, ketika harga nilai tukar dollar AS terhadap rupiah rendah, maka semakin rendah pulalah harga emas.Pasalnya, harga emas sangat erat berhubungan dengan indeks dollar AS.

2. Produksi Emas DuniaProduksi emas di dunia juga erat kaitannya dengan jumlah permintaan atau kebutuhan yang terjadi.

Sejak tahun 2000, jumlah produksi emas sejatinya selalu turun dikarenakan oleh sulitnya penambangan emas dan resource yang terus berkurang.Namun pada tahun 2010, jumlah permintaan emas mengalami kenaikan sekitar 2,652 ton atau 3% dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini mengakibatkan produsen emas dunia seperti Afrika Selatan, China, Australia, Amerika, Rusia dan Peru harus bekerja ekstra dalam menggali atau mencari sumber lainnya, yang secara otomatis akan mengakibatkan harga emas melonjak naik.3. Suku Bunga

Bisa dikatakan suku bunga ini berbanding terbalik dengan harga emas.Pasalnya, ketika suku bunga naik maka akan banyak orang yang menarik uangnya dari investasi emas dan pindah dalam bentuk deposito yang memiliki suku bunga tinggi.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 75036
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini