10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022 dalam Bahasa Minang

×

10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022 dalam Bahasa Minang

Bagikan berita
10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022 dalam Bahasa Minang (Foto: Free Design File/Klikkoran)
10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022 dalam Bahasa Minang (Foto: Free Design File/Klikkoran)

KLIKKORAN.COM –  Idul Fitri adalah hari  raya umat Islam yang  jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriah, yang juga merupakan hari kemenangan bagi umat Muslim usai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.Hari kemenangan ini menjadi salah satu momen yang paling dinanti dan disambut penuh suka cita oleh setiap umat Muslim di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri ada banyak persiapan yang sudah menjadi tradisi yang dilakukan umat Muslim menjelang datangnya hari raya Idul Fitri, seperti menyiapkan kue lebaran, bersih-bersih, serta mengunjungi kampung halaman.Begitu juga saat hari raya Idul Fitri datang ada satu kebiasaan yang tidak lupa untuk dilakukan setiap tahunya, yaitu saling memberi ucapan hari raya Idul Fitri.

Selain memberi ucapan selamat hari  raya Idul Fitri, ucapan tersebut  terkadang juga berisi ucapan permohonan maaf dan doa-doa baik.Meski dalam kondisi pandemi seperti saat ini masih harus terbatasi untuk bertemu dan berkumpul bersama orang-orang tersayang. Namun bukan berarti  kita tidak bisa memberi ucapan selamat sebagai wujud silaturahmi.

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk ikut memeriahkan hari raya tersebut adalah dengan memberikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri.Ucapan selamat hari raya Idul Fitri sendiri bisa kamu kirimkan kepada kerabat, sanak saudara serta orang-orang tersayangmu. Dengan ucapan tersebut, pastinya momen perayaan Idul Fitri akan terasa lebih lengkap.

Agar tidak bingung merangkai kata-kata untuk ucapan, berikut ini beberapa ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dalam bahasa Minang.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Dalam Bahasa Daerah Minang

1. "Kadang mato salah mancaliak, hati salah manggugat, muluik salah bakato hinggo manuriah. Di bulan jo hari nan suci nangko, jo niaik satulus hati, ambo nio mamohon maaf sagadang-gadangnyo Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahia jo Batin."Artinya, Terkadang mata salah dalam melihat, hati salah saat menggugat, mulut salah berucap hingga menyayat. Di bulan dan hari yang suci ini, dengan niat setulus hati, saya ingin memohon maaf sebesar-besarnya. Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

2."Katiko tangan indak bisa saliang basalam, mato indak pulo bisa batamu muko, jo pasan singkek nangko ambo menyampaian: Salamai Hari Rayo Idul Fitri 1443 Hijriah! Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahia jo Batin."Artinya, Ketika tangan tak bisa saling menjabat, mata tak pula bisa saling menatap, maka melalui pesan singkat ini saya mengucap: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah! Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

3. "Banyak nan alah awak lalui satahun ko, ado banyak garah barubah jadi berang ado banyak kato barubah jadi sanjato. Ado banyak sakik hati di antaro banyaknyo janji. Mako di wakatu nan suci nangko, izinkan ambo jo keluarga mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahia jo batin."

Baca Juga: 15 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022 dalam Bahasa Indonesia

Ada banyak yang telah kita lalui setahun ini, ada banyak canda yang berubah menjadi marah, ada banyak kata yang berubah menjadi senjata. Ada banyak sakit hati di antara banyaknya janji. Untuk itulah, di momen yang suci ini, izinkan saya dan keluarga mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.4. "Harato nan paliang baharago adolah saba. Kawan paliang setia adolah amal. Ibadah nan paliang indah adolah ikhlas. Karajo nan paliang barek adolah memaafkan. Mohon maaf atas sagalo khilaf. Salamaik Hari Rayo Idul Fitri 1443 H."

Artinya, Harta paling berharga adalah sabar. Teman paling setia adalah amal. Ibadah paling indah adalah ikhlas. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf atas segala khilaf. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H.5. "Katiko langan ambo indak bisa mangjangkau urang-urang nan dakek di hati, ambo salalu mamaluak inyo dalam satiok doa ambo. Semoga kedamaian dan berkah Allah SWT salalu basamo inyo. Salamaik Hari Rayo Idul Fitri."

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 68451
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini