Hari Pria Internasional 2023, Waspada 5 Penyakit yang Sering Diderita Mereka

×

Hari Pria Internasional 2023, Waspada 5 Penyakit yang Sering Diderita Mereka

Bagikan berita
Ilustrasi 5 Penyakit yang sering diderita Pria (foto: Canva)
Ilustrasi 5 Penyakit yang sering diderita Pria (foto: Canva)

KLIKKORAN.COM - Pada hari ini, Minggu 19 November 2023 diperingati sebagai Hari Pria Internasional dengan tema Zero Male Suicide.

Zero Male Suicide dimaksudkan agar tindakan bunuh diri pada pria dapat dikurangi, atau bahkan dihentikan agar berdampak positif pada dunia.

Peringatan tersebut dirayakan untuk menghargai kontribusi dan pencapaian pria dalam berbagai bidang, apalagi mereka juga dikenal dengan kepala Keluarga.

Tapi tahukah kamu bahwa ada 5 penyakit yang sering diderita para pria dan tentunya harus diwaspadai yaitu Jantung, Kanker dan Saluran Pernapasan Bawah Kronis.

Bahkan, Stroke hingga Diabetes juga paling dominan terjadi pada pria menurut penjelasan artikel Halodoc. Kenali gejala serta cara pencegahannya pada artikel ini, baca sampai selesai ya.

5 Penyakit yang Sering Diderita Pria

1. Jantung

Ilustrasi Penyakit Jantung (foto: Pexels)
Ilustrasi Penyakit Jantung (foto: Pexels)

Menurut Halodoc, resiko penyakit Jantung pada pria jauh lebih tinggi dari pada wanita karena berbagai faktor seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, indeks massa tubuh, & aktivitas fisik.

Sementara pada wanita yang mengalami perubahan hormon setiap bulannya, disebut dapat melindungi dari penyakit jantung. Gejalanya yaitu Nyeri dada yang tertekan di daerah dada, rasa berat dan mual serta nyeri ulu hati. Bahkan, kerap kali muncul keringat dingin hingga rasa terbakar.

Melansir postingan artikel mitrakeluarga, pencegahan penyakit jantung bisa dilakukan dengan mengatur pola makan sehat dan berhenti merokok serta menghindari stres hingga dapatkan tidur yang cukup dan berkualitas agar tekanan darah terkontrol dengan baik.

Para pria juga harus mempertahankan berat badan ideal dengan melakukan olahraga teratur, kalau bisa rutin lah lakukan medical check up dan kenali penyakit sedari dini agar dapat penanganan terbaik.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini