Mendikbudristek: Indonesia Naik Lima Peringkat dalam PISA 2022

×

Mendikbudristek: Indonesia Naik Lima Peringkat dalam PISA 2022

Bagikan berita
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Istimewa)
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Istimewa)

KLIKKORAN.COM - Peringkat Indonesia dalam PISA 2022 menunjukkan peningkatan signifikan dari hasil PISA 2018.

PISA 2022 mengungkap bahwa Indonesia berhasil meraih kenaikan peringkat dalam literasi pendidikan sebanyak 5 hingga 6 posisi dibandingkan dengan hasil PISA 2018.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyatakan bahwa peningkatan ini mencerminkan keuletan sistem pendidikan Indonesia dalam mengatasi dampak kehilangan proses pembelajaran akibat pandemi.

"Untuk kategori literasi membaca, peringkat Indonesia pada PISA 2022 naik 5 posisi dibanding sebelumnya," ujar Nadiem dalam konferensi pers virtual pada Selasa (5/12/2023).

Nadiem menambahkan bahwa peningkatan peringkat Indonesia dalam PISA 2022 menandakan ketahanan yang kuat dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

"Dalam literasi matematika, Indonesia naik 5 posisi dalam PISA 2022, sementara dalam literasi sains naik 6 posisi," jelas Nadiem.

Di PISA 2022, skor rata-rata literasi membaca secara global turun sebesar 18 poin, namun Indonesia hanya mengalami penurunan sebesar 12 poin, yang tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Partisipasi Indonesia dalam PISA sejak tahun 2000 memungkinkan negara ini untuk terus memantau dan membandingkan kualitas pendidikan secara konsisten dengan negara lain.

PISA, yang diselenggarakan setiap tiga tahun oleh OECD, bertujuan untuk mengukur literasi membaca, matematika, dan sains pada siswa berusia 15 tahun.

Pada tahun 2022, PISA diikuti oleh 81 negara, termasuk 37 negara OECD dan 44 negara mitra.

Editor : Heru Candriko
Bagikan

Berita Terkait
Terkini