Peringkat UI di Asia Tenggara Naik 2 Tingkat, Rektor: Rencana Top 5

×

Peringkat UI di Asia Tenggara Naik 2 Tingkat, Rektor: Rencana Top 5

Bagikan berita
Ilustrasi UI Depok (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi UI Depok (foto: Ideogram AI)

KLIKKORAN - Situs resmi Universitas Indonesia (UI) mempublikasikan sebuah artikel, bahwa peringkat kampus tersebut telah naik 2 tingkat.

"UI Tempati Ranking 1 di Indonesia dan 8 se-Asia Tenggara versi Webometric dan Posisi Teratas Sejak 2020," demikian judul artikel tersebut.

Menurutnya, sejak 2020, UI menempati ranking Top 10 pada peringkat penilaian versi Webometric dan sekarang akhirnya naik 2 tingkat ke rangking 8.

Tidak hanya itu, peringkat UI se-Asia kini juga menduduki rangking 103 dan versi global mendapatkan rangking 540 dari total 31.000 seluruh kampus di dunia.

Menanggapi hal tersebut, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D pun memberikan sebuah keterangan bahwa ada rencana jangka panjang sampai tahun 2035 nanti.

"UI terus berusaha wujudkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dari 2015-2035 dengan menyelesaikan target nasional dan regional," demikian keterangan resmi terkait.

"Targetnya UI bisa masuk Top 5 se-Asia Tenggara dan mantap menuju langkah tersebut, semoga target dapat tercapai. Ini merupakan langkah nyata menjadi 'Guru Bangsa'," jelasnya.

Melansir ui.ac.id, perengkingan versi Webometric dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu pada Januari dan Juli yang mengukur keakuratan website dari kinerja universitas terkait.

Tentu saja, keunggulan akademis serta indikator visibility (50%) hingga transparency (10%) dan excellence (40%) juga jadi pertimbangan penilaian lain sebagai komitmen pengajarannya.

Faktor lainnya juga meliputi hasil penelitian, prestise internasional dan hubungan universitas dengan masyarakat hingga sektor industri dan ekonomi sesuai inisiatif atau materi akademik lainnya.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini