Pertukaran Pelajar S1 ke Jepang Beserta Cakupan Beasiswanya, Simak Syaratnya!

×

Pertukaran Pelajar S1 ke Jepang Beserta Cakupan Beasiswanya, Simak Syaratnya!

Bagikan berita
Ilustrasi Jepang (foto: Bagus Pangestu/Pexels)
Ilustrasi Jepang (foto: Bagus Pangestu/Pexels)

KLIKKORAN.COM - Apabila kamu saat ini sedang berkuliah S1 dengan jurusan sastra atau pendidikan Bahasa Jepang, ada beasiswa loh.

Kesempatan beasiswa tersebut diberikan oleh Kementrian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho).

Monbukagakusho menawarkan full beasiswa selama 1 tahun dengan tujuan, pelajar merasakan kuliah di Jepang dan mengenal budaya serta pemahaman bahasa.

Jadi, para peserta terpilih akan berkuliah pada salah satu Universitas di Jepang dan akan dibiayai hidupnya selama masa study 1 tahun tersebut dari 2024 sampai 2025.

Pada artikel ini, akan dijabarkan cakupan pembiayaan yang didapatkan dari beasiswa tersebut beserta syarat dan ketentuan hingga cara mendaftarnya secara online.

Syarat dan Ketentuan Beasiswa S1 Monbukagakusho

Ilustrasi Kuliah (foto: fauxels/Pexels)
Ilustrasi Kuliah (foto: fauxels/Pexels)

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa Monbukagakusho adalah salah satu program beasiswa Japanese Studies 2024 berupa pertukaran pelajar bagi mahasiswa S1 jurusan sastra dan pendidikan Bahasa Jepang.

Mereka diberi kesempatan buat berkuliah di salah satu kampus yang ada di Jepang selama setahun dari September/Oktober 2024 sampai Agustus/September 2025 dan ditanggung biaya hidupnya atau full scholarship.

Syarat dan ketentuannya tentu saja bahwa pelamar harus bisa berbahasa Jepang dan merupakan salah satu mahasiswa Indonesia dari jurusan sastra atau pendidikan Bahasa Jepang, yang sehat jasmani & rohani dengan usia maksimal 29 tahun pada 1 April 2024 atau kelahiran 1994-2006.

Selanjutnya, pelamar harus meminta surat rekomendasi dari kampus tempat mereka kuliah dan sedang tidak mempersiapkan skripsi atau maksimal sedang semeseter 3 di Universitas. Lihat aturan lain pada link https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_noneligible_2024.pdf

Cakupan Beasiswa S1 Monbukagakusho

Ilustrasi Kuliah di Jepang (foto: Pixabay/Pexels)
Ilustrasi Kuliah di Jepang (foto: Pixabay/Pexels)

Nah jika kamu berhasil lulus seleksi, akan mendapatkan full biaya perkuliahan beserta tunjangan hidup sebesar 117 ribu Yen atau Rp12,7 juta per bulan hingga biaya pesawat pulang pergi sekali saja serta gratis pembuatan visa pelajar dan tanpa adanya ikatan dinas.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini