6 Penyakit yang Disebabkan Usai Letusan Gunung, Begini Cara Pencegahannya

Ilustrasi Gunung Meletus yang sebabkan beberapa penyakit pernapasan (foto: Pexels)
Ilustrasi Gunung Meletus yang sebabkan beberapa penyakit pernapasan (foto: Pexels)

KLIKKORAN.COM - Beredar informasi bahwa Gunung Marapi di wilayah Sumatera Barat meletus pada 3 Desember 2023 malam, waktu setempat.

Akibatnya, terdata bahwa ada 11 pendaki yang meninggal dunia. Bahkan hingga artikel ini dipublikasikan, asap letusan gunung masih membara.

Menurut beberapa pemberitaan online, bahwa Gunung Marapi di Sumatera Barat hingga 4 Desember 2023 masih menyemburkan asap tebal hingga hujan Vulkanik.

Hal tersebut tentu tidak sehat karena dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti ISPA, Pneumonia dan Pronkhitis serta Iritasi Mata hingga Gangguan Pencernaan.

Maka dari itu, warga setempat dan terutama yang berada di kaki gunung diharapkan untuk tidak keluar rumah. Sebisa mungkin gunakan masker, banyak minum air putih dan istrihat yang cukup.

6 Penyakit Akibat Abu Vulkanik Letusan Gunung

Ilustrasi Sesak Napas (foto: Pexels/cottonbro studio)
Ilustrasi Sesak Napas (foto: Pexels/cottonbro studio)

1. Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)

Efek asap vulkanik akibat letusan gunung yaitu Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) adalah salah satunya, karena dapat menyertai beberapa penyakit seperti sinus, faring dan laring hingga hidung.

Jika penderita sudah demam di atas 39C atau menggigil, sulit bernapas dan batuk darah serta terjadi penurunan kesadaran hingga muntah-muntah, sebaiknya langsung ke dokter ya.

Namun apabila masih bisa diatasi, coba lah perbanyak istirahat dan minum air putih yang cukup dan konsumsi lemon hangat atau madu. Berkumur dengan air hangat yang diberi garam jika mengalami sakit tenggorokan, hirup uap air dari semangkuk air panas dan posisikan kepala lebih tinggi agar lancar pernapasan.

2. Infeksi Saluran Pernafasan Bawah (pneumonia dan bronkhitis)

Halaman :
Shares
Berita Terkait

Berita Lainnya

Index