1 Desember 2023 Hari Aids Sedunia, Cegah Sepertiga Penularannya dengan Cincin Vagina

×

1 Desember 2023 Hari Aids Sedunia, Cegah Sepertiga Penularannya dengan Cincin Vagina

Bagikan berita
Ilustrasi Hari Aids Sedunia 1 Desember 2023 dan Cara Pencegahannya (foto: detik/Canva)
Ilustrasi Hari Aids Sedunia 1 Desember 2023 dan Cara Pencegahannya (foto: detik/Canva)

KLIKKORAN.COM - Hari ini, Jumat 1 Desember 2023 bertepatan dengan peringatan Hari Aids Sedunia yang bisa dicegah dengan Cincin Vagina.

Cincin Vagina adalah serupa alat kontrasepsi yang dibuat oleh sebuah perusahaan asal Swedia sejak 2021 lalu, untuk dipakai wanita.

Seperti yang sama-sama diketahui bahwa salah satu penyebab Aids adalah dari berhubungan seksual, WHO menyebut bahwa tingkat pencegahannya bisa 1/3an.

Sementara menurut Kompas dalam artikelnya, ada sumber lain yang mengatakan bahwa pencegahan Aids menggunakan Cincin Vagina tersebut bisa ditingkatkan menjadi 50%.

Pada artikel ini, akan dijabarkan informasi terkait aturan pakai Cincin Vagina beserta efek yang ditimbulkan hingga penjualannya bisa didapatkan dimana.

Fungsi dan Aturan Pakai Cincin Vagina

null
Ilustrasi KB (foto: Indonesia Re)

Selain mencegah terjadinya penularan Aids, Cincin Vagina juga dapat mencegah indung telur berovulasi hingga menyebabkan dinding rahim menebal untuk mencegah pembuahan.

Aturan pemakaiannya yaitu dibiarkan Cincin Vagina berada dalam rahim selama 3 minggu, kemudian lepaskan agar tubuh mengalami menstruasi. Maka efek tersebut akan bertahan selama 5 minggu, pastikan menggunakannya dalam waktu terjadwal.

"Misalnya kamu melepas Cincin Vagina pada hari Sabtu, maka pasang kembali alat baru pada pekan berikutnya di hari Sabtu juga. Lepaskan lagi setelah 3 minggu pemakaian di hari Sabtu," demikian keterangan artikel Hello Sehat.

Ada 2 jenis Cincin Vagina, pertama yang bisa bertahan efeknya sampai 5 minggu sesuai penjabaran di atas. Berikutnya, alat yang bertahan sampai setahun. Maka kamu tak perlu mengganti baru, jadi cuma perlu dicuci dan disimpan dan dipakai lagi seminggu kemudian.

Selain itu, ada beberapa efek samping seperti keluar darah dan flek serta iritasi hingga sakit kepala. Tidak jarang juga pemakai akan mual, depresi dan terjadi penurunan gairah seks serta payudara melunak hingga nyeri area perut & diare.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini