Waspada Penyakit Tahun Baruan, Kenali Gejala dan Penyebab serta Pencegahannya

Ilustrasi Penyakit yang sering terjadi saat pergantian tahun (foto: Canva)
Ilustrasi Penyakit yang sering terjadi saat pergantian tahun (foto: Canva)

KLIKKORAN.COM - Meskipun tahun baruan merupakan sebuah awal dari pergantian tanggal, tapi biasanya juga diiringi dengan berbagai hal.

Di antaranya beberapa penyakit yang sering datang saat pergantian tahun seperti flu dan pilek, gangguan pernapasan dan sakit kepala serta demam berdarah.

Kamu harus waspada saat tahun baruan untuk menghadapi berbagai cuaca yang tidak menentu, karena menjaga kesehatan adalah cara penting untuk terus dilakukan.

Sering lah mengecek ponsel dan memeriksa peringatan cuaca dari BMKG karena pergantian tahun baru yang diiringi cuaca tidak menentu, membuat tubuhmu rentan tertular.

Baca tulisan pada artikel ini sampai selesai agar mengetahui penyakit apa saja yang biasanya hadir saat pergantian tahun, gejalan dan penyebab hingga pencegahan yang bisa dilakukan.

4 Penyakit yang Biasanya Menyerah di akhir tahun

1. Flu dan pilek

Ilustrasi Flu dan Pileks (foto: Pexels)
Ilustrasi Flu dan Pileks (foto: Pexels)

Penyakit pertama yaitu flu dan pilek yang biasanya disebabkan karena pergantian cuaca, bahkan terkadang mulai bulan Januari kerap kali banjir bermunculan pada berbagai daerah di Indonesia.

Tentu saja, banyak virus di sana. Apalagi flu dan pilek yang semakin berkembang saat musim hujan, hal tersebut didukung dengan segala kegiatan kamu yang mungkin cukup sibuk saat tahun baruan hingga kurang istirahat.

Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan saat tahun baruan yaitu menjat gunung, tentu saja udara di gunung sangat dingin. Setelah balik dari sana, tentu daya tahan tubuhmu berkurang. Maka sebagai pencegahan, dapat terus mengonsumsi makanan bergizi beserta vitamin.

Gejalanya seperti demam, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan serta mengginggil hingga tingkat keparahan yang tinggi akan sebabkan muntah. Jika hal tersebut tidak menghilang setelah dilakukan istirahat yang cukup, segera lah berobat ke dokter.

Halaman :
Shares
Berita Terkait

Berita Lainnya

Index