Fakta dan Pencegahan Penyakit Mycoplasma Pneumoniae, Pandemi Baru 2024?

×

Fakta dan Pencegahan Penyakit Mycoplasma Pneumoniae, Pandemi Baru 2024?

Bagikan berita
Illustrasi Bakteri Mycoplasma Pneumoniae yang disebut akan Jadi Pandemi Baru (foto: Canva)
Illustrasi Bakteri Mycoplasma Pneumoniae yang disebut akan Jadi Pandemi Baru (foto: Canva)

Nah, beberapa negara yang memiliki kawasan polusi tinggi disebut akan lebih rentan menderita penyakit ini karena warganya pasi memiliki paru-paru yang cukup sensitif dan dapat memicu terjangkitnya asma, sehingga bakteri itu gampang masuk.

"Saluran pernapasan kita itu ada silia, itu adalah rambut halus yang fungsinya menangkap kotoran, debu, bakteri, virus. Kalau orang ini hidup di daerah yang polusi tinggi, silia akan cenderung rontok, sama seperti perokok," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes.

Selain itu di Indonesia sendiri, beberapa warga negaranya kebanyakan terindikasi beberapa virus seperti Influenza selama 2022 dan 2023 menurut hasil pendataan WHO dari surveilans. Sehingga, peringatan terhadap kewaspadaan Mycoplasma Pneumoniae pun dikeluarkan surat edarannya oleh Kemenkes.

Pencegahan Bakteri Mycoplasma Pneumoniae

Mengingat kasus Covid-19 dulu yang terjadi di China akhir 2019, ternyata penyebarannya cukup cepat dan di Indonesia pada Maret 2020 sudah ditemukan gejala serta penderita. Apabila dispekulasikan, maka kemunculan Mycoplasma Pneumoniae di Indonesia bisa saja terjadi pada 2024.

Meski penyebaran Mycoplasma Pneumoniae tidak secepat Covid-19, namun kemungkinannya menjadi Pandemi selalu ada. Maka dari itu, diharapkan semua warga negara selalu waspada dan menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Melansir situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan yaitu dengan tutup mulut dan hidung pakai tisu saat bersih. Lalu, langsung masukkan tisu ke tempat sampah. Intinya kalau bersin jangan langsung ke tangan.

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik dan jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Selain itu, apabila kamu terindikasi beberapa gejala flu atau pun pilek, segera lah minum antibiotik.

Itulah informasi terkait fakta dan pencegahan penyakit Mycoplasma Pneumoniae yang disebut bisa mengindikasikan pandemi baru pada 2024 mendatang, berdasarkan rangkuman Klikkoran dari berbagai sumber pada artikel ini. Semoga bermanfaat. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini