Rangkuman Live Debat Terakhir Pilpres AS (Donal Trump dan Joe Biden)

×

Rangkuman Live Debat Terakhir Pilpres AS (Donal Trump dan Joe Biden)

Bagikan berita
foto : CNN Indonesia (Jim WATSON and SAUL LOEB / AFP)
foto : CNN Indonesia (Jim WATSON and SAUL LOEB / AFP)

"Mereka akan membayar harga jika saya terpilih," kata Biden, yang secara khusus mengacu pada campur tangan China, Rusia, dan Iran.

"Mereka mengganggu kedaulatan Amerika. Itulah yang sedang terjadi," ujarnya.

Sementara itu, Trump mengatakan dia baru-baru ini telah diberitahu tentang upaya campur tangan asing dalam pemilu. Dia menggarisbawahi penilaian Direktur Intelijen Nasional, John Ratcliffe atas upaya Iran dan Rusia dalam mendorong pencalonan Trump.

"Saya tahu semua tentang itu," jawab Trump.

  • Pemisahan Anak-anak Dari Orangtua Di Perbatasan Meksiko

Trump mengaku pemerintahannya memiliki rencana dan sedang mengupayakan, menyatukan kembali anak-anak dengan keluarga mereka di perbatasan Meksiko.

"Anak-anak dibawa ke sini oleh anjing hutan dan banyak orang jahat, kartel, dan mereka dibawa ke sini. Mereka biasa menggunakannya untuk masuk ke negara kami," kata Trump.

Baca juga: Kegagalan Jokowi Dalam Setahun Masa Jabatan Periode 2

"Sekarang kami memiliki perbatasan yang kuat. Kami punya lebih dari 400 mil tembok baru, Anda lihat jumlahnya. Kami membiarkan orang masuk, tapi mereka harus masuk secara legal," ujar Trump.

Tapi Biden menepis klaim Trump, dengan mengatakan bahwa anak-anak tersebut tidak dibawa oleh kartel, tapi para orangtua datang bersama anak-anak mereka.

"500 lebih anak datang bersama orangtuanya. Orangtua itu ada bersama mereka. Anak-anak itu dipisahkan dari orangtua mereka. Dan itu membuat kita menjadi bahan tertawaan dan melanggar setiap anggapan tentang siapa kita sebagai bangsa," kata Biden.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 1155
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini