Inilah Sejarah, Makna dan Filosofi Pacu Itiak/ Bebek Di Payakumbuh.

×

Inilah Sejarah, Makna dan Filosofi Pacu Itiak/ Bebek Di Payakumbuh.

Bagikan berita
Permainan Pacu Itiak/Bebek Terbang di Payakumbuh Sumbar
Permainan Pacu Itiak/Bebek Terbang di Payakumbuh Sumbar

Pacu Itiak yang merupakan kegiatan rutin yang diadakan ditengah-tengah masyarakat merupakan tradisi yang digemari oleh berbagai kalangan, bukan hanya di Indonesia saja tradisi ini telah nikmati oleh warga negara asing yang ikut menyaksikan langsung kegiatan Pacu Itiak.

Pacu Itiak ini selain menyajikan hiburan juga memberikan makna penting pada pembelajaran nilai-nilai budaya seperti fokus pada tujuan, patuh pada perintah dan aturan, taat terhadap pimpinan, jujur, sabar, pandai membedakan, adanya nilai ekonomis untuk peternak Itiak dan masyarakat patriotisme, persaingan, kekeluargaan, kerjasama dan kekompakan.

Pemerintah Payakumbuh berkomitmen agar Pacu Itiak ini tak hanya sebagai hiburan semata. Tapi juga akan dikembangkan untuk jangka panjang dengan lebih terorganisasi dengan baik.

Pacu Itiak dapat menciptakan lapangan kerja baru yaitu terbentuknya UMKM yang ada dimasyarakat terhadap penghasilan yang ekonomis, seperti penjualan baju dengan background Kota Payakumbuh dan Itiak. Dan tentunya kuliner Rendang Itiak dan olahan usaha lainnya.

Baca juga : Korona Belum Usai, Muncul Lagi Virus Lain Tahun 2020

Perlu diketahui bahwa Pacu Itik atau yang biasa dikenal sebagai Pacu Terbang Itiak selain merupakan permainan anak nagari di Kota Payakumbuh. Permainan ini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia pada sidang yang di gelar secara virtual di Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 1002
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini