4 Wisata Bangka Belitung dari Sulapan Tambang, Nomor 3 Keajaiban Alam?

×

4 Wisata Bangka Belitung dari Sulapan Tambang, Nomor 3 Keajaiban Alam?

Bagikan berita
Ilustrasi Tempat Wisata Bekas Tambang Timah di Provinsi Bangka Belitung (foto: Canva)
Ilustrasi Tempat Wisata Bekas Tambang Timah di Provinsi Bangka Belitung (foto: Canva)
Batu Belah (foto: Yant Yanto/Flickr)
Batu Belah (foto: Yant Yanto/Flickr)

Ketiga, tempat wisata yang bisa kamu kunjungi untuk meriahkan liburan tahun baruan yaitu Batu Belah yang beralamat di Manumbing, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.

Meskipun pembentukannya bukan dari Tambang, tapi Batu Belah disebut termasuk keajaiban alam karena terlihat seperti buritan kapal. Keunikannya dibuktikan dengan keberadaan alur yang mirip polka, megikat terpal.

Konon tempat wisata ini memiliki legenda yaitu kisah seorang ibu yang ditinggalkan kekasih hati karena perlakuan sang anak, hal tersebut membuat si ibu mengutuk dirinya sendiri hingga diterkam batu Belah.

4. Aek Ketok

Aek Ketok (foto: Google Maps/Rievy Putri)
Aek Ketok (foto: Google Maps/Rievy Putri)

Tempat wisata terakhir yaitu Aek Ketok yang beralamat di Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Kawasan ini dulunya juga bekas tambang Timah, air danau kebiruan adalah keistimewaan warnanya.

Paduan tersebut sangat cocok dengan paduan pasir coklat, menambah sensasi foto Instagramable yang pas sekali. Namun akses jalan ke lokasi, cukup ekstrem. Jadi sebagai saran, jangan datang saat hujan ya.

Untungnya tempatnya sangat indah dan semua jerih payah ke lokasi terbayar sudah dengan menyaksikan pemandangan sekitar, "air ketok ini tanahnya merupakan tanah liat merah dengan beragam fasilitas seperti sepeda dan kursi serta tangga," menurut pengguna Google freee life.

Para wisatawan terus berharap adanya akomodasi terkait pemeliharaan tempat wisata atau pun akses jalan ke lokasi agar dipermudah, karena Aek Ketok merupakan salah satu tempat liburan yang wajib dijadikan rekomendasi momen healing.

Itulah informasi terkait 4 tempat wisata yang bisa kunjungi untuk meriahkan momen liburan tahun baruan di Provinsi Bangka Belitung dan sekitarnya beserta lokasi detailnya, berdasarkan rangkuman Klikkoran dari berbagai sumber pada artikel ini. Semoga bermanfaat. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini