Jelang Akhir Tahun 2023, Dinas Pertanian Padang: Produksi Padi Capai 51 Ribu Ton

×

Jelang Akhir Tahun 2023, Dinas Pertanian Padang: Produksi Padi Capai 51 Ribu Ton

Bagikan berita
Ilustrasi petani padi tengah panen, dan Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani.
Ilustrasi petani padi tengah panen, dan Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani.

KLIKKORAN.COM- Dinas Pertanian Kota Padang mencatat pencapaian gemilang dalam produksi padi hingga Oktober 2023, dengan mencapai 51.521 ton.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani, Senin (20/11/2023) menjelaskan bahwa angka tersebut mendekati target tahun ini sekitar 55 ribu ton.

Keberhasilan ini menunjukkan optimisme tinggi, terutama karena angka produksi pada bulan Oktober telah melampaui capaian tahun sebelumnya yang hanya mencapai 45 ribu ton.

"Sudah mendekati akhir tahun, dan kita optimis dapat mencapai target. Angka produksi pada bulan Oktober ini sudah melampaui hasil pada tahun 2022," ungkap Yoice dengan semangat.

Optimisme ini, meskipun tinggi, tetap diimbangi dengan kewaspadaan terhadap faktor alam yang berpotensi memengaruhi produksi.

"Salah satunya adalah El Nino yang, meskipun belum memberikan dampak signifikan, tetap menjadi perhatian karena potensinya mempengaruhi pasokan air untuk sawah," lanjutnya.

Yoice mencatat bahwa keberlanjutan kondisi cuaca dan potensi kekeringan memang dapat menjadi ancaman serius bagi produksi padi.

Meski demikian, hingga saat ini, Dinas Pertanian belum menerima laporan resmi terkait kekeringan lahan pertanian.

"Kami belum menerima laporan terkait area sawah petani yang mengalami kekeringan. Meski ada beberapa wilayah yang mulai mengalami kekeringan, namun belum ada laporan yang masuk ke Dinas," jelasnya.

Kondisi ini menunjukkan bahwa pengelolaan irigasi dan pasokan air untuk sawah masih dapat dijaga dengan baik, tetapi tetap menjadi fokus dalam menghadapi potensi tantangan kekeringan.

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini