Hari Anak Sedunia 2023, Kenali 6 Penyakit yang Sering Dialami Hingga Pencegahannya!

×

Hari Anak Sedunia 2023, Kenali 6 Penyakit yang Sering Dialami Hingga Pencegahannya!

Bagikan berita
Ilustrasi 6 Penyakit yang Sering Dialami Sang Anak (foto: Canva)
Ilustrasi 6 Penyakit yang Sering Dialami Sang Anak (foto: Canva)

Melansir Alodokter, kondisi Radang tenggorokan bisa sembuh dalam waktu 5-10 hari. Jika tidak juga, segera bawa ke dokter dan menerima penanganan. Maka dari itu sebelum didatangi penyakit, ada baiknya melakukan berbagai pencegahan agar terhindar dari segala sesuatu yang tidak diinginkan.

Pencegahan Agar Anak Tidak Gampang Sakit

Apabila si buah hati sakit, tentunya kamu melakukan banyak pengobatan seperti memberi obat parasetamol dan ibuprofen. Namun jika gejala muntah, diare atau pun keluhan lain tak kunjung membaik, segera bawa ke dokter.

Apalagi jika sang anak terlihat jauh lebih pucat dari biasanya, sering alami kesulitan bernafas dan cendrung demam disertai nyeri punggung atau leher. Lebih parah lagi jika ada gejala ruam, yang bahkan tidak berkurang meski sudah ditangani personal.

Maka dari itu, lakukan pencegahan sedari dini agar hal tersebut tidak terjadi. Sebagai orangtua, kamu bisa melakukan vaksinasi anak agar tidak terakumulasi beberapa jenis penyakit menular pada umumnya seperti cacar atau lainnya.

Selain itu, jangan lupakan aktivitas untuk menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dengan sabun atau pun hand sanitiser, terutama sebelum makan. Kalau bisa, jangan biarkan si buah hati berbagi makanan dengan anak lain karena rentan virus.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kekebalan tubuh pada anak sangat rentan akan terindikasi berbagai penyakit. Sebaiknya, gunakan peralatan makanan dan botol minuman khusus. Jika si buah hati dititipkan ke penitipan, maka rutin lah intruksikan penggantian seprai mereka.

Berikutnya, ajarkan sang anak jika sedang bersin, wajib tutup mulut. Berikan juga pengarahan bahwa wajib membuang tisu setelah digunakan, kemudian aturan menjaga jarak dari anak-anak yang sakit. Sementara terkait kondisi tubuh, pastikan mereka cukup tubuh dan mengonsumsi makanan seimbang yang membantu tingkatkan kekebalan daya imun.

Sebagai saran ketika si buah hati masih bayi atau berumur di bawah setahun, baiknya setelah lepas 6 bulan diberikan buah-buahan yang dicairkan atau di jus sebagai makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu) agar membantu kuat daya tahan ketika beranjak dewasa.

Itulah informasi seputar 6 penyakit yang sering dialami anak-anak beserta tindakan pencegahannya untuk memperingati Hari Anak Sedunia 2023, berdasarkan rangkuman Klikkoran dari berbagai sumber pada artikel ini. Semoga bermanfaat. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini