Ceramah Ramadhan 2024: Keistimewaan Alquran dan Cara Tingkatkan Intensitas Membacanya

×

Ceramah Ramadhan 2024: Keistimewaan Alquran dan Cara Tingkatkan Intensitas Membacanya

Bagikan berita
Ilustrasi Baca Alquran dan cara tingkatkannya (foto: Pexels/Zehra Nur Peltek)
Ilustrasi Baca Alquran dan cara tingkatkannya (foto: Pexels/Zehra Nur Peltek)

Maka dari itu, sebagai umat Islam tentunya dianjurkan untuk membaca Alquran dan meningkatkan pengetahuan terkait pemahaman tajwid beserta teknik pelafalan agar memperoleh beberapa syafaat berikut.

Syafaat Membaca dan Mengamalkan Alquran

Dari Abu Amamah ra, Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh HR Muslim, “Bacalah Al-Qur'an karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.”

Riwayat lain dari Tirmidzi, juga menyebut bahwa Rasulullah SAW menganjurkan untuk mempelajari Alquran dan mengajarkannya kepada orang lain agar menjadi sebaik-baik manusia.

Selain itu menurut HR. Bukhari Muslim, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah nanti di surga.”

Terakhir HR Muslim juga mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa "Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum melalui Al-Qur’an) dan akan merendahkan kaum yang lain karenanya.”

Pernah juga HR. Tirmidzi:2872, Sunan Tirmidzi, Bab maa jaa-a annal-Qur’an unzila ‘alaa sab’ati ahruf, juz 10, hal.202 meriwayatkan perkataan Rasulullah terkait orang yang disukai Allah SWT.

Yaitu mereka yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir hingga setiap kali selesai akan mengulanginya lagi dari awal, lantas bagaimana cara meningkatkan intensitas membacanya?

Cara Tingkatkan Intesitas Membaca Alquran

Dalam bulan Ramadhan sendiri, biasanya berjumlah 29-30 hari dan ada trik untuk menamatkan pembacaan Alquran selama sebulan tersebut yaitu membacanya per hari - per jus.

Jika kamu tidak memiliki waktu, kamu bisa membaca ayat Alquran saat sedang sholat 5 waktu ditambah melaksanakan sholat Sunnah.

Coba praktekkan intensitas membaca sesuai foto di bawah ini:

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini