Cara Cek Formasi CPNS 2024, Akses Website Mulai 19 Agustus

×

Cara Cek Formasi CPNS 2024, Akses Website Mulai 19 Agustus

Bagikan berita
Ilustrasi Pegawai (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi Pegawai (foto: Ideogram AI)

KLIKKORAN - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dibuka pada Agustus 2024, dengan tanggal akses web sejak 19 Agustus.

Namun saat itu, peserta hanya bisa cek formasi serta mengetahui pengumuman terkait karena prosedur pendaftaran akan dimulai hari berikutnya.

Seperti yang sama-sama diketahui, bahwa seleksi CPNS setiap tahunnya memungkinkan peserta untuk membuat akun baru saat pendaftaran.

Tapi sebelum itu, pahami bahwa ada aturan terkait formasi CPNS yang harus diketahui yaitu peserta harus memilih formasi atau penempatan nantinya.

Sehingga, dapat mengira-ngira terkait ketersediaan kouta yang memungkinkan atau tidak. Tanpa berlama-lama, langsung saja simak cara cek formasinya.

Cara Cek Formasi CPNS 2024

Melansir Bisnis, peserta dapat buka akses situs website BKN pada 19 Agustus 2024 dan mencari opsi 'info lowongan' serta pilih menu 'simulasi pilihan' di beranda.

Kemudian, isi kolom sesuai kebutuhan dengan klik 'pengadaan CPNS' dan pilih menu 'Instansi' serta tentukan 'pendidikan terakhir peserta' hingga 'jurusan'.

Terakhir, klik tombol 'cari' yang akan menampilkan deretan formasi sesuai latar pendidikan peserta hingga jumlah ketersediaan kouta yang akan diterima nantinya.

Perlu diketahui juga, sebenarnya untuk cek formasi ini bisa dari situs instansi pilihan terkait yang biasanya juga melampirkan pengajuan formasi yang mereka butuhkan.

Namun dalam formasi pengajuan dari Instansi, terkadang tidak semuanya diterima oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) karena tentunya ada beberapa pertimbangan terkait.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini