Rekomendasi 3 Pendakian Gunung di Maluku Utara Buat Backpacker, Ada Ikon Ternate?

×

Rekomendasi 3 Pendakian Gunung di Maluku Utara Buat Backpacker, Ada Ikon Ternate?

Bagikan berita
Ilustrasi Rekomendasi Pendakian Gunung di Maluku Utara (foto: Canva)
Ilustrasi Rekomendasi Pendakian Gunung di Maluku Utara (foto: Canva)

Salah satunya festival Legu Gam sebagai warisan nenek moyang dengan ritual mengitari gunung dan sejumlah makam keramat, maksud tradisi ini dilakukan dalam upaya berdoa pada yang maha kuasa agar Gunung Gamalama tidak meletus lagi.

2. Gunung Ibu

Gunung Ibu (foto: Explore Gunung/Harian Disway)
Gunung Ibu (foto: Explore Gunung/Harian Disway)

Kedua, Gunung Ibu setinggi 1.325 m di Maluku Utara tersebut juga berapi dan sempat erupsi pada Oktober 2023 lalu. Meski demikian, semangat para backpacker untuk menjelajah tidak lah punah. Berikut beberapa ulasan para pendatang pada situs Tripadvisor:

"Mendaki gunung berapi Ibu di pulau Halmahera adalah pengalaman nyata dan petualangan yang luar biasa, begitu pula dengan berkemah di tepi sungai dan mengamati letusan. Tur kami diselenggarakan dengan sempurna oleh agen perjalanan," tulis Yaki Tomohon pada sebuah ulasan.

"Gunung Ibu merupakan gunung landmark tanah masyarakat Tabaru, ketika saya berada di sana pada bulan Maret 2015, setiap hari terjadi gempa susulan dari gunung berapi tersebut. Sering kali mengeluarkan asap, namun semua orang menjalani aktivitas sehari-hari mereka dengan tidak peduli," timpal trueindigo.

"Gunung berapi Ibu adalah pengalaman yang sangat menarik dan unik dan meledak setiap 20 menit dan kami melihat lahar di malam hari, pada tanggal 4 Agustus 2017 lebih aktif dari sebelumnya. Ledakannya adalah setiap tiga menit dan batu itu terbang lebih tinggi," ujar pelancong lainnya.

Intinya di Gunung Ibu, tidak hanya terdapat pemandangan lahan luas sepanjang mata memandang. Tapi juga ada danau yang menghadirkan keindahan asri, meski wilayah tersebut rentan terjadi letusan berapi yang mengeluarkan asap panas.

3. Gunung Dukono

Gunung Dukono (foto: Atourin)
Gunung Dukono (foto: Atourin)

Berikutnya, Gunung Dukono di Halmahera juga menghadirkan pemandangan kawah luas. Tingginya 1335m dan juga sudah berulang kali meletus sejak tahun 1550 lalu, bahkan hingga saat ini pun sering terjadi letusan kecil-kecilan.

Jika berniat untuk mengunjungi wilayah tersebut, kamu bisa mulai dari jalan raya pesisir antara Galela yang berada sekitar 10 km dan Tobelo di selatan 14 km. Ada jalur jip berupa area perkebunan di sana, kamu bisa berkendara sepeda motor dulu sampai ketinggian 370 mdpl.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini