3 Tempat Wisata Hits Bukan Perairan di Gorontalo, Cocok Buat Liburan Akhir Tahun

×

3 Tempat Wisata Hits Bukan Perairan di Gorontalo, Cocok Buat Liburan Akhir Tahun

Bagikan berita
Ilustrasi Tempat Wisata Bukan Perairan yang Hits di Gorontalo (foto: Canva)
Ilustrasi Tempat Wisata Bukan Perairan yang Hits di Gorontalo (foto: Canva)
Desa Adat Bubohu (foto: Indonesia Kaya)
Desa Adat Bubohu (foto: Indonesia Kaya)

Jarak Desa Adat Bubohu dari Kota Gorontalo sekitar 35 kilometer yang terletak di Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo dan sekaligus jadi ikon wisata terbaik karena telah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata.

Di sana terdapat beragam bangunan bersejarah yang bernuansa islami, tempat para santri menimba ilmu dan mempelajari ajaran agama Islam. Selain itu, terdapat juga kumpulan fosil kayu di depan pintu masuk desa tersebut.

Daerah tersebut merupakan wilayah pesantren dengan bangunan khas, kemudian di puncak bukitnya juga terdapat masjid Walima Emas. Daya tarik desa ini yaitu kegiatan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW selalu dilakukan setiap tahunnya.

Selain itu, di sana juga terdapat kolam yang diberi nama Kolam Asmaul Husna. Bangunannya disebut memiliki sejarah masa lampau, berisikan warisan budaya dengan filosofi sendiri. Ini lah yang membuat warga sekitar tertarik berkunjung, apalagi disekelilingnya terdapat pantai Dulanga berpasir putih.

3. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha (foto: Google Maps/Gill Westaway)
Benteng Otanaha (foto: Google Maps/Gill Westaway)

Hal menarik dari Benteng Otanaha adalah pemandangan batu besar bersejarahnya dapat dinikmati bersama visualisasi panorama alam, alamatnya di Jalan Usman Isa No.kelurahan, Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Dalam sejarahnya, Benteng Otanaha dulunya dimaksudkan sebagai tempat pertahanan dalam menghadapi serangan musuh jaman penjajahan karena terbuat dari bangunan batu kapur dan pasir, serta olahan telur burung Maleo yang kuat.

Di sekitar Benteng Otanaha, terdapat pemandangan indah yang memperlihatkan keseluruhan kota Gorontalo beserta pantainya dari kejauhan. Berikut beberapa ulasan para pengguna di Google Maps di bawah ini:

"Akses Mudah, tiket masuk 10/orng. Ada toilet tapi tidak bisa digunakan. Kalau hujan ada tempat neduh. Pemandangannya sangat baguuus...," tulis Nurhayati Masuara yang berkunjung ke lokasi pada Juli 2023 lalu.

"Kalo pagi2 enak bgt ke benteng otanaha, karena lokasinya yang berada di atas gunung, jadi udaranya sejuk sekalii, bnyak pohon2, bisa sambil dengerin suara2 burung liar, panas sih emang tp terbayar lah dengan pemandangan indahnya. Bisa buat relaksasi & tenangin pikiran sambil piknik," tulis Ocha Duatiga pada ulasan lainnya.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini