21 Kata Bijak Idul Fitri 2023 Berbahasa Jawa beserta Artinya, Penuh Makna dan Menyentuh Hati

×

21 Kata Bijak Idul Fitri 2023 Berbahasa Jawa beserta Artinya, Penuh Makna dan Menyentuh Hati

Bagikan berita
21 Kata Bijak Idul Fitri 2023 Berbahasa Jawa beserta Artinya, Penuh Makna dan Menyentuh Hati (Foto : Depositphotos)
21 Kata Bijak Idul Fitri 2023 Berbahasa Jawa beserta Artinya, Penuh Makna dan Menyentuh Hati (Foto : Depositphotos)

(Artinya : Mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan dari lahir sampai ke hati, dan saya tidak ingin mengucapkan selamat kepada kalian, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat dan karunia kepada kita semua.)5. Ngaturaken wilujeng Idul Fitri nyuwun agunging pangapunten, mugi kito kanugrahan jatining fitrah saking gusti Ingkang Moho Pemurah.

(Artinya : Mengucapkan selamat hari raya idul fitri dan mohon maaf lahir batin, semoga kita dilimpahkan sifat hakiki dari Tuhan Yang Maha Penyayang.)6. Muga-muga ati kita dilahirake suci lan resik. Kurangi ngolok-olok supaya bisa nggugurke dosa.

(Artinya : Semoga hati kita terlahir kembali dengan suci dan bersih. Hindari perbuatan cela agar bisa menggugurkan dosa.)7. Mangan kupat dudohe santen, menawi lepat kula nyuwun pangapunten. Ngaturaken sugeng riyadi 1444 H.

(Artinya : Makan ketupat dengan kuah santan, mohon maaf atas segala kesalahan. Selamat hari raya 1444 H.)8. Muga-muga Allah SWT nyedhiyakake kabecikan gedhe lan tentrem ing dina suci iki.

(Artinya : Semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan dan ketentraman yang berlebih di hari yang suci ini.)9. Ngaturaken sugeng riyadi sedoyo lepat nyuwun pangapunten, mugo dosaku lan dosamu dilebur ing dino riyoyo iki.

(Artinya : Saya ucapkan selamat hari raya sekaligus meminta maaf atas segala kesalahan, semoga dosaku dan dosamu diampuni pada hari Lebaran ini.)10. Ana kesalahan sing nyata, diucapake lan rampung. Ing dina suci iki, mugi sampun kaapunten.

(Artinya : Masih ada salah yang tersirat, terucap, dan terlakukan. Di hari yang penuh kesucian ini, mohonlah dimaafkan.)11. Sugeng riyaya, mugi-mugi kita sekaluarga tansah seneng.

(Artinya : Selamat hari raya, semoga kita sekeluarga selalu bahagia.)12. Tuku kelinci wayah mendung, nggiling daginge ning njero mesin. Ramadan Suci bakal rampung, aku ngucapke Lahir Bathin.

(Artinya : Beli kelinci saat mendung, dagingnya digiling di dalam mesin. Ramadan Suci akan berakhir, aku mengucapkan selamat lahir batin.)13.  Dinten meniko dinten bakdo riyadi, kula menawi gadah kalepatan ingkang disengojo lan mboten disengojo dumateng panjenengan sak keluargo kula nyuwun agunging samudro pangaksami.

(Artinya : Hari ini hari raya, saya minta maaf kalau ada salah yang disengaja dan tidak disengaja kepada semua keluarga Anda, saya minta maaf sebesar besarnya.)14. Minal aidzin wal faidzin, mugi-mugi ing dino riyaya iki akeh keberkahan saking Gusti.

Editor : Saridal Maijar
Sumber : 146756
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini