Cara Orang Sumatera Barat Menentukan Awal Puasa Ramadhan

×

Cara Orang Sumatera Barat Menentukan Awal Puasa Ramadhan

Bagikan berita
(ilustrasi: Pedro Slinger/pexels)
(ilustrasi: Pedro Slinger/pexels)

Balimau adalah sebuah tradisi di Minangkabau yang dilakukan menjelang puasa, biasanya kegiatan ini dilakukan di berbagai tempat wisata atau tempat mandi yang ada.Tujuan kegaiatan ini ialah mensucikan diri sebelum masuknya bulan suci Ramadhan.3. Membangunkan orang sahur

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh muda-mudi berkeliling sekitar kampung, hal ini sudah jarang ditemui pada zaman sekarang. Pada zaman sekarang orang mebangunkan orang sahur hanya dilakukan oleh petugas masjid atau Musholla menggunakan toa Masjid. Namun, di daerah tertentu di Sumatera Barat yang kental dengan adat istiadatnya masih menjalankan kebiasaan ini.4. Ngabuburit

Inilah menjadi hal yang paling dirindukan saat bulan puasa bagi masyarakat Sumatra Barat. Kegiatan ini ialah kegiatan yang dilakukan sebelum waktu berbuka puasa. Ngabuburit biasanya orang mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa.Selain kegiatan diatas tentu banyak lagi kegiatan yang pasti dirindukan ketika bulan Ramadhan. Sudah jelas bukan kenapa setiap orang merindukan yang namanya bulan Ramadhan.

Keuntungan Berjumpa dengan Bulan Ramadhan

Berjumpa dengan bulan Ramadhan adalah sebuah keuntungan dan sebuah kabar gembira bagi umat muslim. Hal ini pun diterangkan dalam hadis yang Ibnu Rajab Al-Hambali:

“Bagaimana tidak gembira? seorang mukmin diberi kabar gembira dengan terbukanya pintu-pintu surga. Tertutupnya pintu-pintu neraka. Bagaimana mungkin seorang yang berakal tidak bergembira jika diberi kabar tentang sebuah waktu yang didalamnya para setan dibelenggu. Dari sisi manakah ada suatu waktu menyamai waktu Ini (Ramadhan)”. Ibnu Rajab Al-Hambali.Pada bulan Ramadhan ini juga Bulan diturunkannya Al-quran, terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan yaitu malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik dari seribu bulan,malam ini biasanya pada 10 hari terakhir ramadhan. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang teristimewa bagi umat islam diseluruh dunia.

Adapun tanda-tanda Lailatul qadar, mulai dari udara sejuk dan tenang,matahari cerah pagi harinya,malam terang tidak hujan,dan perasaan bahagia.Rasullulah SAW bersabda:“Carilah Lailatul Qadar dimalam ganjil dan sepuluh malam terakhir Ramadhan.”(HR Al-Bukhari)

Menyambut bulan suci Ramadhan membawa kesibukan sendiri bagi umat muslim, ada yang sibuk mencari makanan untuk berbuka maupun yang sibuk mencari penampilan baru untuk menyambut bulan suci ini. Bulan Ramadhan memang berbeda dari bulan-bulan yang lainnya, seperti di bulan biasa pola makan tidak teratur, pola hidup tidak teratur sehingga di bulan Ramadhan inilah berubah semuanya. Semua kegiatan, tata biacara, dan tata berpakaian juga diperhatikan dalam bulan Ramadhan ini, karena kalau kita tidak memperhatikan hal tersebut bisa membuat Ibadah puasa kita akan batal.Rukun Islam yang ketiga ialah puasa, Puasa adalah ibadah menahan diri, lapar, haus dan segala hal yang akan membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Ramadhan sebentar lagi, pasti umat islam diseluruh penjuru dunia sudah tidak sabar menyambutnya.

Orang yang berpuasa tentunya melakukan yang namanya sahur dan berbuka, ini adalah momen yang harus dilakukan untuk orang yang berpuasa.Sahur adalah kegiatan makan dan minum sebelum seseorang melakukan puasa dilakukan sebelum imsak. Manfaat sahur bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa ada banyak,seperti:

  • Menjadi sumber energi
  • Mendekatkan waktu ibadah
  • Keberkahan melimpah
  • Editor : Saridal Maijar
    Sumber : 145620
    Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini